Bersiap Hadapi Libur Panjang, Ini Strategi Trading Untukmu!

Aditya Pratama · Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:14 WIB
Bersiap Hadapi Libur Panjang, Ini Strategi Trading Untukmu!

Investor mencermati potensi penurunan IHSG dalam libur panjang pekan depan. (Foto: MNC Group)

JAKARTA, iNews.id - Berdasarkan kalender libur bursa tahun 2020, Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan tanggal 28-30 Oktober 2020 ini sebagai hari libur perdagangan saham. Oleh sebab itu, pada pekan depan hanya akan ada dua hari perdagangan yakni Senin, 26 Oktober dan Selasa, 27 Oktober 2020 saja.

Terdapat fenomena yang menarik yaitu biasanya menjelang libur panjang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan cenderung mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena terdapatnya potensi ketidakpastian yang tinggi selama masa liburan panjang. Padahal, ketidakpastian tidak disukai oleh investor.

Apa strategi trading yang tepat jelang libur panjang? Tim Riset MNC Sekuritas menilai, investor sebaiknya lebih mengambil langkah defensif dengan melakukan profit taking atau Sell on Strength pada sebagian portofolio saham yang dimiliki, terutama yang telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Equity Analyst MNC Sekuritas Catherina Vincentia menjelaskan, faktor yang harus dicermati oleh investor selama libur panjang di akhir bulan Oktober 2020 terutama adalah Pemilu AS yang akan dilangsungkan pada tanggal 3 November 2020, di tengah kondisi sebagian besar saham–saham yang telah jenuh beli (overbought).

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua