BI Harap Perbankan Lanjutkan Penurunan Suku Bunga Kredit

Michelle Natalia ยท Selasa, 21 September 2021 - 17:18:00 WIB
BI Harap Perbankan Lanjutkan Penurunan Suku Bunga Kredit
Gubernur BI Perry Warjiyo harap prbankan lanjutkan penurunan suku bunga kredit

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) kembali menahan suku bunga acuan di level 3,5 persen. Gubernur BI Perry Warjiyo pun meminta supaya perbankan di seluruh Indonesia kembali menurunkan suku bunga kredit

Dia mengatakan, suku bunga kredit terus mengalami penurunan. Namun menurut BI, penurunannya masing terbatas. 

"Suku bunga kebijakan moneter yang tetap rendah dan likuiditas yang masih longgar mendorong suku bunga kredit perbankan terus menurun walaupun masih terbatas," kata Perry dalam konferensi virtual, Selasa (21/9/2021). 

Dia menuturkan, di pasar uang dan pasar dana, suku bunga PUAB overnight dan suku bunga deposito 1 bulan perbankan telah menurun, masing-masing sebesar 55 bps dan 205 bps sejak Juli 2020 menjadi 2,82 persen dan 3,43 persen pada Juli 2021. Sementara di pasar kredit, penurunan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan terus berlanjut, meski dalam besaran yang lebih terbatas, yaitu menurun dari 8,82 persen pada Juni 2021 menjadi 8,81 persen pada Juli 2021. 

Suku bunga kredit baru mengalami penurunan pada Agustus 2021, seiring dengan menurunnya persepsi risiko perbankan terhadap dunia usaha setelah pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas.

"Bank Indonesia mengharapkan perbankan untuk terus melanjutkan penurunan suku bunga kredit sebagai bagian dari upaya bersama untuk mendorong kredit kepada dunia usaha," ucapnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: