Bisiki Jokowi, Menko Luhut Usul Kendaraan Dinas Pakai Mobil dan Motor Listrik

Rully Ramli ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 22:14 WIB
Bisiki Jokowi, Menko Luhut Usul Kendaraan Dinas Pakai Mobil dan Motor Listrik

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah berkomitmen menggencarkan kampanye kendaraan listrik. Salah satunya dengan memberikan contoh kepada masyarakat dengan menggunakan mobil dan motor listrik sebagai kendaraan dinas.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan mengaku telah mengusulkan agar pengadaan kendaraan dinas pemerintah menggunakan mobil dan motor listrik. Pengadaan ini bisa dimulai dalam APBN 2020.

BACA JUGA:

Bukan Cuma Insentif Pajak, Bos Kadin Minta Semua Menteri Pakai Mobil Listrik

Perpres Mobil Listrik Disahkan, Toyota Astra Koordinasi dengan Induk di Jepang

Menko Luhut mengaku sudah menyampaikan usulannya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu, industri kendaraan listrik dalam negeri akan menggeliat.

"Saya sudah lapor Bapak Presiden. 'Pak, nanti tahun depan APBN misalkan pembelian sepeda motor, mobil listrik, kita wajibkan saja motor listrik buatan Indonesia, gesit misalnya," kata dia di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Menurut dia, usulnya tersebut bisa mendorong industri, bahkan bisa menarik para investor asing menanamkan modalnya untuk memproduksi kendaraan listrik. Selain itu, langkah ini juga bisa menjadi bukti keberpihakan pemerintah terhadap produk dalam negeri.

"Kalau kita tidak membuat keberpihakan begitu, teknologi (kita) kapan maju?," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah