Bos Airbus Serukan AS-Eropa Hentikan Perang Dagang

Djairan ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 16:15:00 WIB
Bos Airbus Serukan AS-Eropa Hentikan Perang Dagang
Perang dagang antara AS dan Eropa masih berlangsung akibat sengketa soal subsidi pesawat. (Foto: Ist)

PARIS, iNews.id - Perang dagang antara AS dan Eropa masih berlangsung akibat sengketa soal subsidi pesawat. Konflik itu dinilai telah merugikan pabrikan pesawat yang sudah tertekan akibat krisis Covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, Minggu (21/2/2021), Amerika memberlakukan tarif impor tambahan sebesar 15 persen untuk pesawat buatan Airbus. Langkah tersebut dibalas oleh Uni Eropa dengan menerapkan tarif yang sama untuk produk wine, jeans, dan lain sebagainya dari AS.

"Sengketa ini, yang sekarang sudah kuno, membuat kita semua sama-sama dirugikan," kata Chief Executive Airbus, Gullaume Faury.

Faury menyerukan kepada para pemimpin negara bersikap bijak menghadapi situasi tersebut. Dia meminta ada perundingan untuk menghentikan perang dagang tersebut.

Dia mengungkapkan, industri penerbangan sudah hancur akibat pandemi akibat turunnya perjalanan udara atau pun pembatasan akses penerbangan. Dia juga khawatir dengan langkah negara-negara anggota Uni Eropa yang membatasi akses satu sama lain.

"Kami benar-benar frustasi dengan upaya menghambat pergerakan orang dan saat ini hampir tidak mungkin untuk berpergian di Eropa dengan pesawat, bahkan di dalam negaranya," katanya.

Faury juga meminta kepada negara-negara Uni Eropa untuk membuka kembali akses itu. Hal itu bisa dibarengi dengan kebijakan untuk mengizinkan orang-orang berpergian setelah divaksinasi.

Editor : Rahmat Fiansyah