Bos Gucci Siap Sumbang Rp1,6 Triliun untuk Bangun Kembali Notre Dame

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 16 April 2019 - 11:05 WIB
Bos Gucci Siap Sumbang Rp1,6 Triliun untuk Bangun Kembali Notre Dame

CEO Kering Group, Francois Henri Pinault (kiri) bersama istrinya, Salma Hayek (kanan). (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Francois Henri Pinault, orang terkaya nomor tiga di Prancis siap menyumbangkan 113 juta euro atau setara Rp1,6 triliun untuk membangun kembali Notra Dame. Gereja yang menjadi ikon kota Paris itu hangus terbakar.

"Uang tersebut merupakan salah satu upaya yang diperlukan untuk membangun kembali Notre Dame," kata dia dikutip dari AFP, Selasa (16/4/2019).

Notre Dame terbakar sekitar pukul 07:00 sore waktu setempat setelah salah satu saksi melihat kepulan asap di loteng gereja katedral itu. Saat ini, otoritas Paris menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Api padam sekitar tiga jam setelah kebakaran terjadi. Aksi pemadaman melibatkan hingga 400 petugas dan 18 selang. Kebakaran itu dipastikan membuat menara gereja runtuh dan 75 persen atap rusak sementara belum diketahui kondisi di dalam area gereja.

Peristiwa yang menimpa monumen bersejarah itu menyentuh hati Pinault. Dia merupakan CEO Kering Group yang membawahi sejumlah merek fesyen premium ternama seperti Gucci dan Yves Saint Laurent. Uang tersebut  rencananya akan diberikan lewat perusahaan investasi keluarganya, Artemis.

Dia adalah suami dari artis berdarah Latin, Salma Hayek yang juga orang terkaya ke-15 di dunia. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai 29,7 miliar dolar AS atau setara Rp415 triliun.

Di Prancis, Pinault menempati rangking ketiga di bawah Bernard Arnault dan Francois Bettencourt Meyers. Arnault merupakan pemilik Louis Vuitton sementara Meyers adalah cucu pewaris L'Oreal


Editor : Rahmat Fiansyah