Bos Totalindo Eka Persada Jadi Miliarder Pendatang Baru asal Indonesia

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 13:40 WIB
Bos Totalindo Eka Persada Jadi Miliarder Pendatang Baru asal Indonesia

Founder & CEO PT Totalindo Eka Persada Tbk, Donald Sihombing. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia pada 2019. Sebanyak 21 orang Indonesia masuk dalam klub orang-orang tajir tersebut.

Dilansir Forbes, Rabu (6/3/2019), jumlah orang Indonesia yang masuk daftar tersebut lebih banyak dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 20 orang. Satu orang baru yang masuk daftar yaitu Donald Sihombing, Founder & CEO PT Totalindo Eka Persada Tbk di posisi 1.605.

Forbes menaksir kekayaan Donald mencapai 1,4 miliar dolar AS atau setara Rp19,6 triliun. Sebagian besar kekayaannya berasal dari Totalindo yang mana dia memegang 74 persen saham perusahaan konstruksi swasta tersebut.

Dia mendirikan perusahaan tersebut pada Oktober 1996, setahun setelah dipecat dari PT Totalindo Bangun Persada. Proyek pertamanya yaitu Mal Taman Anggrek milik Grup Mulia. Proyek ini memiliki konsep superblok yang terbesar di Asia Tenggara.

Sejak berdiri, perusahaan Donald menggarap banyak proyek di antaranya Hotel Mulia Senayan, Hotel Four Seasons Kuningan, Roxy Square, Kalibata City, Basura City Tower, dan Grand Indonesia West Mall.

Belakangan, Totalindo terlibat dalam pembangunan perumahan murah. Hal ini sebagai bentuk diversifikasi bisnis perseroan yang selama ini banyak menggarap proyek gedung besar.

Tahun 2019 menjadi debut bagi Donald dalam daftar orang terkaya di dunia. Dia langsung menempati posisi 14 orang terkaya di Indonesia dan melewati sejumlah nama seperti Djoko Susanto dan Ciputra.


Editor : Rahmat Fiansyah