Bukopin Serahkan Rp500 Juta untuk Bantu Korban Bencana Sulteng

Ranto Rajagukguk ยท Jumat, 09 November 2018 - 12:12 WIB
Bukopin Serahkan Rp500 Juta untuk Bantu Korban Bencana Sulteng

Bank Bukopin menyerahkan bantuan kepada nasabah dan karyawan yang menjadi korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah senilai total Rp500 juta. (Foto: Bukopin)

PALU, iNews.id - Bank Bukopin menyerahkan bantuan kepada nasabah dan karyawan yang menjadi korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah senilai total Rp500 juta.

Bantuan tersebut berasal dari dana yang dihimpun dari karyawan, nasabah dan masyarakat melalui Rekening Peduli Palu dan dari pos dana CSR Bank Bukopin. Bantuan secara simbolik diserahkan di Kantor Bank Bukopin cabang Palu oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk M Rachmat Kaimuddin kepada perwakilan Karyawan, Debitur, serta warga sekitar yang terdampak gempa bumi/tsunami.

“Kami sangat berduka dan prihatin atas musibah bencana alam yang dialami saudara-saudara kita di sekitar wilayah Palu, Donggala. Kendati jumlahnya tidak besar, kami berharap bantuan ini akan dapat sedikit membantu meringankan beban para korban maupun keluarganya,” ujar Rachmat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/11/2018).

Bank Bukopin akan senantiasa berada di jajaran terdepan bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk membangun kembali kota Palu, Sigi, dan Donggala pasca musibah bencana alam.

Sebelumnya, melalui KB Kookmin Bank, Bank Bukopin juga memberikan bantuan CSR untuk korban bencana alam di Sulteng senilai Rp700 juta yang disalurkan melalui PMI pada 10 Oktober 2018. Selain itu, bantuan juga sudah diserahkan oleh Bank Bukopin bersama OJK dan pelaku industri keuangan lainnya pada 18 Oktober 2018. Bantuan bersama OJK tersebut diwujudkan dalam bentuk pengadaan hunian sementara.

KB Kookmin Bank merupakan salah satu pemegang saham Bank Bukopin. Rachmat menjelaskan bantuan CSR dari Bank Bukopin diberikan sebagian dalam bentuk tunai dan sebagian lain dalam bentuk semen melalui dukungan dari Grup Bosowa untuk membantu proses perbaikan bangunan dan infrastruktur pasca gempa bumi. Bosowa Corporindo adalah pemegang saham terbesar Bank Bukopin.

Sementara itu, terkait dengan kondisi kantor cabang Palu, saat ini sebagian bangunan kantor ikut rusak akibat gempa bumi pada 28 September 2018. Beruntung, tidak terdapat karyawan/karyawati Bank Bukopin yang menjadi korban jiwa dalam bencana tersebut.

Meski demikian, sebagian besar karyawan/karyawati belum dapat bekerja efektif akibat trauma. Saat ini Kantor Cabang Palu beroperasi dengan layanan terbatas. Dalam melaksanakan aktivitas layanan perbankan, KCU Palu dijalankan oleh staf yang didatangkan dari kantor/kota diluar Palu secara bergiliran.


Editor : Ranto Rajagukguk