BUMN dan Swasta Bentuk Indonesia Destinasiku, Dorong Industri Pariwisata

Ranto Rajagukguk · Kamis, 12 Maret 2020 - 14:49 WIB
BUMN dan Swasta Bentuk Indonesia Destinasiku, Dorong Industri Pariwisata

Sejumlah perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk Indonesia Incorporated membentuk Indonesia Destinasiku. (Foto: Dok Indonesia Destinasiku)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk Indonesia Incorporated membentuk Indonesia Destinasiku. Hal ini sebagai upaya untuk mendorong industri pariwisata di tengah tantangan virus korona (Covid-19).

Indonesia Destinasiku merupakan hasil kerja sama antara Plataran, PT BNI (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia (Persero) Tbk atau BCA, PT Garuda Indoensia (Persero) Tbk, Yayasan Puteri Indonesia, dan Mustika Ratu. 

Sebagai salah satu BUMN, BNI sejak awal konsisten untuk mendorong sektor pariwisata khususnya wisata domestik untuk terus tumbuh, selaras dengan arahan Pemerintah. "Setiap tahunnya, kami terus berusaha untuk memberikan benefit bagi masyarakat Indonesia dan nasabah BNI khususnya melalui event Travel Fair seperti Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) sejak tahun 2013–2017, serta mengangkat program ‘Ayo Liburan’ untuk eksplor keindahan  alam dan destinasi wisata lokal di Labuan Bajo, Raja Ampat, Belitung, Banyuwangi, Padang dan lainnya. Dan tentunya, di program Indonesia Destinasiku kami juga memberikan benefit bagi pemegang kartu kredit dan debit world emerald berupa cashback hingga Rp 3 juta dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan,” kata Wakil Direktur Utama BNI Anggoro dalam keterangannya, Kamis (12/3/2020).

Sama halnya dengan BCA yang berkomitmen untuk senantiasa di sisi nasabah, perusahaan berupaya memberikan service excellence di berbagai sektor, termasuk pariwisata, dengan menawarkan berbagai promo menarik bagi pemegang Kartu Kredit BCA. “Kami mencermati gerakan Indonesia Destinasiku sejalan dengan upaya BCA dalam meningkatkan perekonomian bangsa melalui industri pariwisata,” kata Direktur BCA Santoso.

Keikutsertaan Garuda Indonesia melengkapi aspek transportasi airline. Sebagai National Flag Carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa berperan aktif mendukung perkembangan sektor pariwisata nasional melalui berbagai keunggulan produk dan layanannya” tutur Direktur Layanan Pengembangan Usaha dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi.

Melalui  program kolaborasi  bersama ini, Garuda  Indonesia memberikan potongan  harga 40 persen untuk rute-­‐rute penerbangan   destinasi wisata unggulan. Rute tersebut di antaranya, Jakarta-Denpasar   pp; Jakarta‐Labuan Bajo pp; Jakarta-­Jogjakarta pp; Jakarta‐Kulonprogo pp; Jakarta‐Malang pp; Jakarta‐Banyuwangi pp; Denpasar­‐Surabaya pp; Denpasar-­Jogja pp; Denpasar­‐Labuan Bajo pp; Jakarta-­Semarang pp; Jakarta-­Medan pp; dan Jakarta­‐Makassar pp. Potongan harga tersebut dapat diakses dengan pembelian paket melalui Plataran atau Garuda  Indonesia Holiday selama periode 12 Maret-30 Juni 2020 untuk penerbangan hingga 28 Februari 2021.

Selain potongan harga tiket, melalui program ini Garuda Indonesia juga menghadirkan added value lainnya berupa tambahan 500 miles untuk pendaftaran baru anggota GarudaMiles. Selain itu, bekerja sama dengan BCA dan BNI,  bagi pengguna jasa yang membeli tiket dengan menggunakan kartu kredit bank partner tersebut akan mendapatkan penawaran khusus akses Business Lounge Garuda Indonesia.

Keikutsertaan Mustika Ratu pada program ini, turut menambah value yang didapatkan oleh konsumen. Mustika Ratu dengan memberikan paket­‐paket dengan harga spesial, yang konsumen bisa dapatkan pada setiap pembelian paket Indonesia Destinasiku yakni “Fit and Fun” yang akan memberikan Jamu experience sebagai minuman herbal dan berkhasiat asli dari Indonesia. 

Selain itu, paket “Protected and Refreshed” dari Mustika Ratu yang menghadirkan perawatan tubuh dari dari kepala hingga ujung kaki, serta “Royal Tea Package” yang akan memberikan sensasi meminum teh yang nikmat dan berkhasiat, yang semuanya dihadirkan dengan ramuan natural dengan Royal Heritage Recipes. Tidak ketinggalan voucher potongan khusus untuk menikmati royal-­‐like treatment dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Sedangkan Plataran adalah the True Indonesian Icon. Suatu perusahaan hospitality Indonesia yang mendapat pengakuan internasional dan domestik sebagai suatu luxury brand dan memiliki visi "For Indonesia and Indonesians" serta merupakan salah satu simpul axis penting dalam program Indonesia Destinasiku.

Partisipasi masyarakat pada paket ini merupakan bentuk nyata kebersamaan kita sebagai suatu bangsa yang berdikari secara bersama dalam menghadapi berbagai tantangan diatas dan strong message pada masyarakat dunia bahwa We Are Together.

Editor : Ranto Rajagukguk