Cegah Isolasi Mandiri, Luhut Minta Kepala Daerah Bangun Pusat-Pusat Karantina

Rina Anggraeni ยท Kamis, 17 September 2020 - 09:18 WIB
Cegah Isolasi Mandiri, Luhut Minta Kepala Daerah Bangun Pusat-Pusat Karantina

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Humas Kemenko Marves)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan diminta menurunkan jumlah kasus Covid-19 di sembilan provinsi. Sejumlah strategi disiapkan untuk memenuhi target Presiden Jokowi.

Luhut minta kepala daerah untuk menjelaskan rencana secara detail, terutama pembangunan pusat-pusat karantina untuk isolasi pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan status atau OTG (Orang Tanpa Gejala) dan gejala ringan.

"Ini penting untuk menghindari isolasi mandiri di rumah yang dapat menularkan penyakit kepada keluarga yang lain,” ujar Luhut, Kamis (17/9/2020).

Secara khusus, Luhut akan memantau empat provinsi yang menjadi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak secara nasional. Keempat provinsi itu yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Saya ingin penerapan disiplin protokol kesehatan untuk perubahan perilaku dipertegas pelaksanaannya, lalu harus ada penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, penurunan angka kematian dan penurunan angka kematian per total populasi,” tuturnya.

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan PEN itu akan meminta data kepada setiap daerah terkait jumlah kasus, tingkat kesembuhan, dan kematian yang lebih detail.

“Saya minta detail mengenai masing-masing klaster penyebaran yang diklasifikasikan menjadi beberapa sub klaster besar yaitu perkantoran, keluarga, pasar, maupun titik-titik keramaian yang lain,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah