Cerita Jack Ma saat Membangun Alibaba dan Membenci Bill Gates

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Minggu, 28 Oktober 2018 - 13:03 WIB
Cerita Jack Ma saat Membangun Alibaba dan Membenci Bill Gates

Pendiri dan Chairman Alibab Group Jack Ma. (Foto: Bloomberg)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates menjadi sumber inspirasi bagi banyak calon pengusaha, terutama ikon teknologi yang kini telah sukses.

Namun, tidak dengan Jack Ma. Pengusaha yang merintis bisnisnya dari awal hingga menjadi miliarder ini sangat tidak menyukai pola bisnis Gates dalam membangun Microsoft.

"Ketika saya masih muda, saya membenci Bill Gates karena saya pikir Microsoft mengambil semua peluang," kata Ma ketika dia berbicara pada pertemuan puncak inovasi di Tel Aviv, Israel dikutip dari CNBC, Sabtu (28/10/2018).

"IBM, Oracle, mereka mengambil semua peluang," kata Chairman Alibaba ini.

Ma mengatakan, ketika pertama kali memulai Alibaba pada tahun 1999, harga produk yang dihasilkan oleh perusahaan teknologi besar membuat e-commerce asal China ini kesulitan memulai usahanya. Alhasil, untuk mendapatkan akses teknologi pun saat itu sangatlah mahal.

Namun, dia segera menyadari bawah hal tersebut bukan karena Gates atau nama-nama besar lain yang salah. Sebaliknya, ia menghalangi peluangnya sendiri dengan menggunakan alasan umum yang menahan banyak calon pengusaha.

"Kebanyakan orang terus mengeluh. Tapi jika kamu bisa menyelesaikan keluhan, jika kamu menyelesaikan masalah, maka itu adalah kesempatan," katanya.

Bagi Ma, kondisi tersebut menjadi tantangan dan peluang untuk membuat teknologi yang sederhana, murah serta dapat digunakan Alibaba dan jutaan usaha kecil lain sehingga bisa diaplikasikan ke platform.

"Biaya menggunakan IT ini terlalu mahal bagi kami, jadi kami harus berinovasi. Kami harus merancang teknologi yang cukup sederhana. Itu saja. Kami dipaksa," katanya.

Ma melanjutkan, sebagian besar inovasi terjadi bukan karena orang ingin, tetapi karena mereka dipaksa. Sejak sadar hal itu hampir dua dekade lalu, Ma telah mengembangkan hubungan dekat dengan Gates, dan sering mengaplikasikan pola Bill & Melinda Gates Foundation untuk usaha amalnya sendiri.

Namun, sedikit persaingan yang sehat tetap ada di antara dua taipan teknologi tersebut.

Bulan lalu, ketika mengumumkan keberangkatannya, dia bersikeras akan melakukan satu hal lebih baik daripada rekan miliardernya tersebut. "Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik adalah pensiun lebih awal," kata Ma.


Editor : Ranto Rajagukguk