Chairman Tesla Inc Jual Saham Rp315 Miliar, Ada Apa?

Dinar Fitra Maghiszha · Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:40:00 WIB
 Chairman Tesla Inc Jual Saham Rp315 Miliar, Ada Apa?
Chairman Independen Tesla Inc, Robyn Denholm. (Foto: Istimewa)

NEW YORK, iNews.id - Chairman Tesla Inc, Robyn Denholm, menjual 31.250 saham perusahaan kendaraan listrik milik miliarder Elon Musk. Penjualan saham tersebut senilai 22 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp315,4 miliar. 

Seperti dilansir Bloomberg, Rabu (4/8/2021), perempuan berusia 58 tahun yang juga ahli keuangan ini, mengajukan penjualan saham dan melakukan transaksi pada 2 Agustus dengan harga 700-726 dolar AS per lembarnya.

Robyn Denholm merupakan chairman independen terpilih Tesla Inc sejak November 2018. Saat itus, CEO Tesla Elon Musk terpaksa melepaskan perannya sebagai bentuk kesepakatan perjanjian dengan Komisi Sekuritas dan Bursa di Amerika Serikat / Securities and Exchange Commission (SEC).

Menilik situs Tesla, Robyn Denholm, juga tercatat sebagai seorang auditor dalam komposisi komite direksi Tesla Inc. Tak sendiri sebagai chairman independen, Robyn ditemani oleh sejumlah petinggi lain yang berbeda komposisi dalam direksi perusahaan.

Perjanjian SEC yang diumumkan September 2018, mensyaratkan Elon Musk untuk mundur dan digantikan perannya oleh chairman independen selama tiga tahun.

Memasuki 2021, di mana masa tiga tahun tersebut hampir habis, Elon Musk diproyeksikan akan kembali mendapat perannya sebagai pemimpin tertinggi Tesla.

Hal ini yang memunculkan spekulasi bahwa Robyn Denholm melepas kepemilikan sahamnya di Tesla Inc karena terkait dengan akan selesainya perannya sebagai chairman independen. Kendati demikian, Tesla Inc belum mengajukan kuasanya terkait posisi Elon Musk dalam rapat pemegang saham Tahun 2021.

Editor : Jeanny Aipassa