Darmin Sebut Avtur dari CPO Bisa Digunakan pada 2021

Antara · Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:58 WIB
Darmin Sebut Avtur dari CPO Bisa Digunakan pada 2021

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

BATAM, iNews.id - Pemerintah terus mendorong pengembangan biodiesel di dalam negeri untuk menyerap minyak kelapa sawit (CPO). Salah satunya yaitu avtur dari CPO alias green avtur.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution memperkirakan avtur dari CPO bisa digunakan sebagai bahan bakar pesawat paling cepat 2021.

"Kalau avtur (dari CPO) bisa segera, dua sampai dua setengah tahun dari sekarang sudah bisa (digunakan)," kata Darmin di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (14/8/2019).

BACA JUGA:

Uni Eropa Jatuhkan Tarif Impor Tambahan 8-18 Persen untuk Biodiesel Indonesia

Jokowi Minta Avtur Dicampur Minyak Sawit Dikaji

Sepanjang tahun lalu, impor avtur mencapai 861 juta dolar AS atau setara Rp12 triliun. Darmin pun memperkirakan, kehadiran avtur dari CPO bisa menghemat devisa miliaran rupiah.

Mantan gubernur Bank Indonesia mengatakan, pemerintah telah membuat kesepakatan dengan pengusaha kapal sawit dan maskapai untuk pengembangan avtur dari CPO. Namun, dia memastikan avtur bukan satu-satunya bahan bakar yang akan dicampur dengan CPO.

"Pengembangan CPO tidak sekadar avtur," ujar dia.

Pendiri Lion Air, Rusdi Kirana menyambut baik rencana pemerintah mencampur avtur dengan CPO. Dia optimistis pengembangan CPO ini bakal menghemat devisa negara.


Editor : Rahmat Fiansyah