Disambut Antusias, ICAII 2021 Dibanjiri Produk Inovasi

MNC Media ยท Kamis, 19 Agustus 2021 - 20:20:00 WIB
 Disambut Antusias, ICAII 2021 Dibanjiri Produk Inovasi
IDX Channel kembali menggelar event IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021, yang diikuti ratusan perusahaan.

JAKARTA, iNews.idIDX Channel kembali menggelar event IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021. Event ini merupakan yang ketiga kali digelar sejak 2019. 

Adapun tema yang diusung dalam ICAII 2021 adalah Accelerating Economic Recovery During Covid-19 Pandemic, yang dilaksanakan di Jakarta, pada Kamis (19/8/2021) Pukul 20.00 WIB. 

Perhelatan ICAII tahun ini diikuti ratusan perusahaan baik perusahaan terbuka (listed) maupun non terbuka ( non listed), dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perushaan swasta. 

Animo perusahaan mengikuti ajang ICAII ini terus mengalami peningkatan meski ditengah kondisi pandemi Covid 19, tercatat sebanyak 100 nominator inovasi dari ratusan perusahaan yang turut serta dalam perhelatan ini. Proses penjurian dilaksanakan sejak Juni 2021.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia selama 1,5 tahun, dan menyisakan berbagai dampak sistemik terhadap sektor ekonomi dan sendi-sendi bermasyarakat lainnya. 

Pembatasan mobilitas masyarakat yang menjadi alat kontrol pengendalian penyebaran virus, berimbas langsung pada penurunan aktivitas ekonomi yang sangat menekan dunia bisnis. 

Beberapa dampak nyata yang dirasakan langsung oleh pelaku ekonomi di antaranya adalah penurunan demand, terganggunya rantai pasok, terganggunya proses produksi, kesulitan keuangan, dan pengurangan tenaga kerja. 

Walaupun terdapat sedikit perbaikan pada indikator ekonomi kuartal ke-2 2021, namun bayang-bayang gelombang kedua pandemi masih menjadi tantangan saat ini.

Untuk menghadapi dinamika lingkungan yang demikian menekan, perusahaan melakukan berbagai cara dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari melakukan efisiensi operasi, restrukturisasi organisasi, penyesuaian produk dan layanan, hingga ke redesain model bisnis. 

Inti dari seluruh tindakan respons tersebut adalah beradaptasi, menyesuaikan diri dengan kondisi aktual sehingga tantangan dapat dirubah menjadi peluang. 

Kemampuan berinovasi saat ini menjadi jauh lebih dibutuhkan daripada kondisi sebelumnya. Perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan hal baru di semua lini agar tetap relevan dan mampu bertahan mengarungi krisis. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: