Dolar AS Perkasa, Emas Berjangka Naik Terbatas

Ranto Rajagukguk ยท Kamis, 12 September 2019 - 08:12 WIB
Dolar AS Perkasa, Emas Berjangka Naik Terbatas

Emas berjangka naik. (Foto: Shutterstock)

CHICAGO, iNews.id - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik Rabu (11/9/2019) waktu setempat karena ekspektasi penurunan suku bunga, menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) Kamis dan pertemuan Federal Reserve AS pekan depan.

Mengutip Xinhua, Kamis (12/9/2019), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember naik 4 dolar AS, atau 0,27 persen, menjadi 1.503,2 dolar AS per ounce.

Investor mengharapkan ECB untuk menurunkan suku bunga dan langkah-langkah potensial lainnya ketika pembuat kebijakan bertemu Kamis.

Pertemuan ECB akan memberi sentimen khusus karena akan ada pertemuan kebijakan Federal Reserve pekan depan. Sementara pelaku pasar mengharapkan The Fed kembali memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin.

Namun, kenaikan logam mulia dibatasi oleh greenback yang lebih kuat. Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang, naik 0,32 persen menjadi 98,64.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS. Jika dolar AS menguat, emas berjangka akan jatuh. Sebab, emas yang dihargai dalam dolar AS, menjadi mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 1,6 sen, atau 0,09 persen menjadi 18,17 dolar AS per ounce. 

Platinum untuk pengiriman Oktober naik 3,6 dolar AS, atau 0,38 persen, menjadi menetap pada 940,2 dolar AS per ounce.


Editor : Ranto Rajagukguk