Dorong UMKM Melek Digital, Gibran: Kalau Tidak, Pasti Mati

Antara ยท Senin, 21 September 2020 - 17:50 WIB
Dorong UMKM Melek Digital, Gibran: Kalau Tidak, Pasti Mati

Bakal Cawalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: iNews/Septyantoro)

SOLO, iNews.id - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyebut UMKM bakal bangkit tahun depan. Syaratnya, pelaku usaha harus mengintegrasikan bisnisnya ke platform digital.

Bakal calon wali kota Solo itu mengaku sudah blusukan bersama wakilnya, Teguh Prakosa ke berbagai tempat di Surakati. Dia mengunjungi pelaku UMKM mulai kuliner hingga pakaian.

"Ketika saya ketemu pelaku usaha kuliner, saya tanya sudah gabung ke Go Food atau Grab Food belum? Kalau belum kamu pasti mati. Yang jualan jilbab, sudah gabung Lazada, Shopee belum? Kalau belum kamu pasti mati," kata Gibran dalam Rapimda Kadin Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/9/2020).

Saat blusukan ke daerah Baron, Gibran menemukan ada satu UMKM yang masih bertahan di tengah pandemi Covid-19. Pelaku UMKM itu bergerak sebagai supplier wedangan.

"Pada kondisi pandemi seperti sekarang ini dalam satu hari pemasukannya bisa sampai Rp15 juta, ini yang harus kita dampingi," ucapnya.

Dia mendorong UMKM agar terus meningkatkan skala bisnis dan kualitas produknya. Peran pemerintah, kata dia, harus mengajarkan bagaimana cara mem-branding produk.

"Perlu diajari branding seperti apa. Ketika ada yang beli di situ jangan diberi kemasan plastik tetapi food grade. Selain itu UMKM perlu diinkubasi dan akselerasi, dari awal sampai akhir kami dampingi," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah