Dugaan Penyelundupan Harley, Sejumlah Direktur Garuda Dicopot Sementara

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 13:15 WIB
Dugaan Penyelundupan Harley, Sejumlah Direktur Garuda Dicopot Sementara

Jajaran Komisaris Garuda Indonesia dan Kementerian BUMN saat jumpa pers soal penyelundupan Harley-Davidson di Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (Foto: iNews.id/Ilma De Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memberhentikan sementara anggota direksi terkait kasus penyelundupan moge Harley-Davidson. Mereka diduga terlibat dalam aksi ilegal yang dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol menyebut, direktur-direktur yang dicopot itu terlibat langsung maupun tidak langsung dengan penyelundupan yang dilakukan Ari.

"Kami memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley dan Brompton dalam penerbangan seri flight GA A330-900," kata Sahala di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Selain Ari, sejumlah direktur Garuda ikut dalam penerbangan tersebut. Mereka yaitu Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Teknik dan Layanan Irwan Junarto.

Kendati demikian, Sahala tak bisa memastikan apakah hanya tiga direktur tersebut yang terlibat. Selain ketiganya, ada tiga direktur lagi yang duduk dalam manajemen Garuda yaitu Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah, Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal.

"Nanti kita lihat," kata Sahala.

Editor : Rahmat Fiansyah