Dukung Ibu Kota Baru RI Ramah Lingkungan, PGN Siap Bangun Jaringan Pipa Gas

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 15:43 WIB
Dukung Ibu Kota Baru RI Ramah Lingkungan, PGN Siap Bangun Jaringan Pipa Gas

Gas PGN. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) (Persero) Tbk siap membangun jaringan pipa gas di ibu kota negara yang baru. Saat ini, BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi itu masih melakukan kajian awal.

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso mengatakan, perseroan masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal lokasi ibu kota pengganti Jakarta. Sejauh ini, Presiden hanya menyatakan ibu kota baru bakal berada di Kalimantan.

"Kita siap kalaupun rencana dipindahkan sesuai dengan rencana Pak Presiden ke Kalimantan," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/8/2019).

Menurut dia, PGN tidak akan kesulitan untuk mengalirkan gas di kota karena suplai gas alam di Kalimantan cukup melimpah, terutama di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

"Bisa saja Kalimantan jadi green energy karena source (gas)-nya besar. Selain di Kaltim, Kaltara juga banyak gas. Dari dua daerah ini kan bisa disalurkan ke mana-mana," tutur dia.

PGN, kata dia, siap membangun jalur pipa gas dari kedua sumber gas itu ke ibu kota baru. Hal ini selaras dengan rencana PGN untuk mengalirkan gas ke semua area di Kalimantan.

"Kita mungkin nanti melakukan perencanaan membangun pipa menuju ke Kalsel, Kalbar, atau Kalteng," kata dia.

Pemerintah memastikan ibu kota baru akan menggunakan jaringan gas sebagai sumber energi. Selain transportasi, gas ini nantinya juga akan menjadi solusi bagi rumah tangga, sehingga tidak perlu memakai tabung gas LPG.

Jaringan gas di ibu kota baru bisa dipenuhi karena dibangun dari awal sebagai infrastruktur dasar. Dengan begitu, ibu kota baru lebih ramah lingkungan karena selain dekat dengan hutan juga menggunakan energi bersih dan baru terbarukan.

Editor : Rahmat Fiansyah