Dukung Industri, PLN Kalimantan Barat Bidik Pelanggan Premium 

Yanto Kusdiantono · Sabtu, 13 Juli 2019 - 19:01 WIB
Dukung Industri, PLN Kalimantan Barat Bidik Pelanggan Premium 

PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar) kini memberikan layanan listrik Premium Tegangan Rendah bagi para pelanggan bisnis. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar) kini memberikan layanan listrik Premium Tegangan Rendah bagi para pelanggan bisnis. Dalam program ini, Hotel Orchardz Ayani di Pontianak tercatat sebagai pelanggan pertama golongan tarif tegangan rendah di Kalimantan Barat.

Sebelumnya Hotel Orchardz Ayani ini dilayani sebagai pelanggan reguler dengan tarif LB2 daya 197 kilo Volt Ampere (kVA) dan 105 kVA. Aliran listriknya disuplai melalui 1 penyulang (feeder) yang berasal dari gardu induk (GI) Kota Baru. Dengan menjadi pelanggan premium tegangan rendah, hotel tersebut kini dialiri listrik dari dua penyulang, yakni dari GI Kota Baru sebagai penyulang utama dan GI Sei Raya sebagai back up-nya.

“Layanan premium PLN tentunya akan meningkatkan performa layanan kami kepada para pelanggan. Dengan menjadi pelanggan premium, kekhawatiran kami terhadap gangguan listrik yang terjadi tiba-tiba tentunya tidak ada lagi. Kami berharap ke depannya PLN semakin meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat,” ujar General Manager Hotel Orchardz Ayani Khalid Nasyaiban dalam keterangan tertulisnya Kamis (11/7/19).

Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan Machnizon Masri mengatakan, PLN berusaha terus meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan. Untuk mendukung pertumbuhan sektor industri dan bisnis, pihaknya menyediakan layanan premium dengan kualitas layanan yang lebih baik lagi.

"Semakin banyaknya pelanggan bisnis dan industri yang beralih ke moda layanan premium tentunya menjadi penyemangat kami untuk terus meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan,” ujar dia.

Dia menambahkan, ke depannya PLN Kalbar berharap pelanggan-pelanggan lain akan beralih ke layanan premium. 

Machnizon menjelaskan, khusus kota Pontianak, di beberapa kawasan memang sudah dicanangkan menjadi kawasan pelanggan premium, seperti jalan Gajahmada dan Tanjungpura, ke depannya jalan Ahmad Yani juga akan dijadikan kawasan premium.

Di tempat yang sama, General Manager PLN UIW Kalbar Agung Murdifi menambahkan, untuk kenyamanan layanan premium tersebut, PLN  telah memasang alat Automatic Change Over Switch (ACOS) yang berfungsi sebagai pemindah arus listrik secara otomatis jika terjadi gangguan mendadak yang dapat menghentikan pasokan listrik.


Editor : Ranto Rajagukguk