Efisiensi, Expedia PHK 3.000 Pekerja

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 18:15 WIB
Efisiensi, Expedia PHK 3.000 Pekerja

Expedia. (Foto: Ist)

WASHINGTON, iNews.id - Expedia Group, perusahaan jasa perjalanan online melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 pekerja. Jumlah tersebut setara dengan 12 persen dari total pekerja Expedia.

Dikutip dari CNBC, Selasa (25/2/2020), PHK itu dilakukan setelah perusahaan yang berbasis di Washington, AS itu mencatat kinerja keuangan yang mengecewakan sepanjang tahun lalu. PHK dinilai sebagai solusi untuk menurunkan beban operasional.

"Kami menyadari bahwa kami mengejar pertumbuhan dengan cara yang tidak sehat dan tidak disiplin," tulis manajemen Expedia dalam surat elektronik kepada pekerja.

Selain PHK karyawan, Expedia juga berencana menurunkan beban operasional dengan menghentikan proyek-proyek yang tidak bermanfaat dan mengurangi penggunaan kontraktor dan vendor.

Chairman Expedia Group Barry Diller sebelumnya menyebut, proses bisnis perusahaan tidak efisien karena beban pekerja terlalu ringan dalam beberapa tahun terakhir. Barry menyebut Expedia bakal menerapkan efisiensi besar-besaran dengan target 300-500 juta dolar AS.

Keputusan tersebut dilakukan Diller dan Vice Chairman Peter Kern yang sejak Desember 2019 menjalankan operasional rutin perusahaan setelah Mark Okerstrom dan Alan Pickerill mundur dari posisi CEO dan CFO.

Expedia dikenal sebagai perusahaan yang mengoperasikan beberapa merek di antaranya Expedia.com, Hotels.com, dan Trivago.

Editor : Rahmat Fiansyah