Elnusa Cetak Laba Rp276 Miliar Sepanjang 2018

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 15:20 WIB
Elnusa Cetak Laba Rp276 Miliar Sepanjang 2018

PT Elnusa Tbk memperoleh laba bersih Rp276 miliar sepanjang 2018. Laba perusahaan penyedia jasa energi tersebut tumbuh 12 persen dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp247 miliar. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Elnusa Tbk memperoleh laba bersih Rp276 miliar sepanjang 2018. Laba perusahaan penyedia jasa energi tersebut tumbuh 12 persen dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp247 miliar.

Direktur Utama Elnusa, Tolingul Anwar mengatakan, kenaikan laba bersih itu tidak terlepas dari pendapatan usaha yang melonjak signifikan. Sepanjang tahun lalu, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu membukukan pendapatan usaha Rp6,6 triliun dibandingkan 2017 sebesar Rp4,9 trilun.

"Strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis nonaset serta jasa distribusi dan logistik energi yang kami lakukan, berhasil kembali memecahkan rekor pendapatan usaha tertinggi sebelumnya. Pendapatan usaha tumbuh 33 persen dibandingkan tahun 2017," kata Anwar melalui keterangan tertulis, Selasa (19/2/2019).

Untuk jasa hulu migas, dia menyebut, Elnusa memenangkan banyak kontrak bisnis yang bersifat jangka panjang (multiyears) di bidang engineering, procurement, construction, dan operation-maintenance. Sektor ini memberikan sumbangan 40 persen bagi pendapatan Elnusa.

Selain itu, kata dia, volume thruputt juga meningkat pada jasa distribusi dan logistik energi seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine, dan manajemen depo. Untuk jasa distribusi dan logistik, porsinya terhadap pendapatan mencapai 56 persen.

"Sisanya sebesar 4 persen disumbangkan oleh jasa penunjang. Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar di tengah kondisi industri migas saat ini, karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas," kata dia.

Anwar optimistis kinerja Elnusa akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini karena kontrak multiyears yang diperoleh pada bisnis nonaset, peluang jasa distribusi dan logistik energi yang makin besar, serta nilai tambah total solution services kepada klien.

“Elnusa memiliki jasa terintegrasi dari hulu hingga hilir migas, serta berbagai jasa penunjangnya. Dengan kompetensi dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu menghadirkan solusi total untuk klien," ucap dia.

Elnusa diketahui merupakan anak usaha Pertamina. Per 31 Januari 2019, porsi saham Pertamina di Elnusa menapai 41,1 persen, diikuti Dana Pensiun Pertamina 14,9 persen, dan publik dengan kepemilikan saham di bawah 5 persen sebesar 44 persen.


Editor : Rahmat Fiansyah