Empat Bank BUMN Berikan Keringanan Kredit Rp28 Triliun, Ini Rinciannya

Muhammad Aulia ยท Selasa, 07 April 2020 - 16:20 WIB
Empat Bank BUMN Berikan Keringanan Kredit Rp28 Triliun, Ini Rinciannya

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat industri perbankan mulai menerapkan keringanan kredit kepada nasabah. Kebijakan ini merupakan stimulus ekonomi dari OJK di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Data OJK menunjukkan empat bank BUMN merestrukturisasi kredit nasabahnya senilai Rp28 triliun. Keempatnya yaitu BRI (Rp14,9 triliun untuk 134.258 debitur), BNI (Rp6,9 triliun untuk 6.238 debitur), Bank Mandiri (Rp2,8 triliun untuk 17.481 debitur), dan BTN (Rp4,1 triliun untuk 10.502 debitur).

“Kami mendapatkan komitmen seluruh dirut bank dan dirut lembaga keuangan non bankuntuk melakukan program restrukturisasi bagi nasabah yang alami kesulitan keuangan karena dampak korona,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Selasa (7/4/2020).

Wimboh mengakui masih ada lembaga-lembaga keuangan berskala kecil yang belum mengetahui kebijakan baru OJK ini. Oleh sebab itu, regulator akan terus menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada lembaga keuangan.

Wimboh mengklaim banyak bank dan lembaga keuangan nonbank yang menyediakan opsi keringanan kredit untuk nasabah yang terdampak Covid-19. Rinciannya, 56 bank umum konvensional, 13 bank umum syariah, 7 BP), serta 110 perusahaan pembiayaan

“Kami memonitor dengan rutin yang terjadi di lapangan. Supaya masyarakat paham,” ucap Wimboh.

Editor : Rahmat Fiansyah