Erick Thohir Akan Kaji Ulang Universitas Milik BUMN

Aditya Pratama ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 19:13 WIB
Erick Thohir Akan Kaji Ulang Universitas Milik BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir akan mengkaji ulang keberadaan perguruan tinggi atau universitas yang dikelola oleh perusahaan pelat merah. Keberadaan universitas bukanlah merupakan fokus bidang BUMN.

Erick menginginkan, ke depannya BUMN fokus pada bisnis masing-masing.

"Saya juga tidak mau BUMN jadi palugada (apa lu mau gua ada). Maka itu saya sedang mereview apa benar BUMN perlu universitas? Karena wong bersaing di bisnisnya saja belum tentu survive atau bertahan. Apalagi menjalankan sesuatu yang bukan di expertise-nya atau bidangnya," ujar Erick di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Mantan presiden klub Inter Milan ini lebih memilih untuk menyinergikan program-program bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) daripada BUMN harus menjadi kompetitor di dunia pendidikan.

Nantinya, kata dia, Kementerian BUMN akan langsung masuk ke program-program yang ada perguruan tinggi masing-masing.

"Mau tidak mau universitas-universitas yang di Indonesia harus meng-upgrade dirinya seperti bagaimana BUMN. Bukan era-nya di proteksi tapi juga harus menjadi bagian dari persaingan," kata Erick.

Saat ini ada sejumlah BUMN yang memiliki universitas, seperti Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute.


Editor : Rahmat Fiansyah