Erick Thohir Akan Rombak Jajaran Petinggi BUMN hingga Akhir Tahun Ini

Aditya Pratama ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 18:54 WIB
Erick Thohir Akan Rombak Jajaran Petinggi BUMN hingga Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir masih akan melakukan perombakan terhadap direksi dan komisaris di perusahaan pelat merah. Itu setidaknya akan berlangsung hingga akhir 2020.

Erick menuturkan, perombakan tersebut dilakukan tidak hanya karena masa jabatan petinggi BUMN itu berakhir, tetapi akan berkenaan dengan penilaian kesesuaian strategi bisnis masing-masing perusahaan.

"Sudah pasti perubahan direksi komisaris sampai akhir tahun," ucap Erick di kantornya, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Mantan presiden klub Inter Milan ini mengaku telah menyusun peta jalan (roadmap) BUMN agar proses bisnis perusahaan berkesinambungan. Peta jalan ini sekaligus akan menjadi acuan bagi ara direksi dan komisaris dalam mengelola BUMN.

Peta jalan tersebut, kata Erick memiliki lima poin utama, yaitu pertama menyeimbangkan bisnis dengan kewajiban menjalankan tugas sebagai pelayan publik. Kedua, memiliki model bisnis yang fokus dengan bidangnya. 

Kemudian, memanfaatkan teknologi untuk kepentingan bisnis. Keempat memanfaatkan investasi untuk mengembangkan bisnis yang berguna bagi negara. Terakhir, mampu menciptakan talenta bisnis yang kuat.

"Ada yang habis masa jabatan, ada yang tidak sesuai strategi, kan bisa. Jadi tetap ada, makanya mohon direksi komisaris kerja saja yang benar nanti kan dinilai," ujar Erick.


Editor : Rahmat Fiansyah