Erick Thohir Cerita Sulitnya Bangun Bisnis: Jual Barang Koleksi hingga Cari Pinjaman

Ferdi Rantung ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:35:00 WIB
Erick Thohir Cerita Sulitnya Bangun Bisnis: Jual Barang Koleksi hingga Cari Pinjaman
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Erick Thohir dipercaya menjadi Menteri BUMN pada Oktober 2019. Sebelumnya, dia banyak terlibat dalam kegiatan bisnis, terutama media.

Erick menuturkan, bisnisnya sempat sulit sekitar 2004 karena terlalu agresif dalam melakukan ekspansi. Saat itu, likuiditas perusahaan kering sehingga memaksanya untuk meminjam uang.

"Pilihan pertama pada waktu itu adalah mengurangi pegawai atau menutup perusahaan. Pilihan Kedua, meminjam dana dari bank," katanya, Rabu (28/10/2020).

Erick mengatakan, hal pertama kali yang dilakukannya yaitu dia harus rela melepaskan barang-barang koleksi. "Saya harus melepaskan hobi saya dari lukisan dan mobil tua," tuturnya.

Kemudian, kata Erick, dia juga meminjam uang kepada sahabatnya, Rosan Roeslani dan Andre Maumaya. Rosan adalah Pendiri Recapital yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia. Sementara Andre, bos Adaro suami dari Arini Subianto yang wafat pada 2012 silam.

Saya juga pinjam uang ke Mas Rosan dan almarhum Andre waktu itu. Saya pinjam satu bulan sudah dibayar lunas," katanya.

Erick mengatakan, jika ingin menjadi pengusaha sukses, maka harus berani mengambil risiko. Selain itu, pengusaha harus jeli melihat peluang di tengah krisis sekali pun.

"Berbeda dengan pekerja profesional yang memikirkan resiko, sebagai pengusaha harus berani mengambil risiko," kata Erick.

Editor : Rahmat Fiansyah