Erick Thohir Cerita Waktu Awal Jadi Menteri, Ada 53 Pejabat BUMN Tersangkut Kasus Korupsi

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 10:26:00 WIB
Erick Thohir Cerita Waktu Awal Jadi Menteri, Ada 53 Pejabat BUMN Tersangkut Kasus Korupsi
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian BUMN menandatangani nota kesepahaman dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah tersebut dilakukan untuk mengikis potensi korupsi di tubuh perusahaan negara.

Menteri BUMN, Erick Thohir menuturkan korupsi di BUMN sudah terjadi sebelum dirinya ditunjuk menjadi menteri. Tak lama dilantik, dia menemukan ratusan kasus korupsi yang melibatkan pejabat BUMN.

"Saya di awal pada saat bekerja, tentu membuka data mengenai kasus hukum di Kementerian BUMN, itu jumlah luar biasa banyak jumlahnya 159 waktu itu. Dan yang menjadi tersangka kurang lebih 53 orang," katanya, Selasa (3/2/2021).

Masalah ini, kata Erick, menjadi perhatian utama sehingga dimasukkan dalam program transformasi BUMN. Dia menilai, transparansi dan akuntabilitas perusahaan menjadi kunci untuk mengatasi masalah korupsi. Dia juga merasa perlu menggandeng KPK sebagai bentuk pengawasan dari eksternal.

"Sebagai bentuk laporan kepada pimpinan KPK dan jajarannya KPK, transformasi di Kementerian BUMN memang sejak awal, salah satu isu yang penting adalah mengenai transparansi daripada kasus-kasus hukum," katanya.

Sebagai menteri, Erick memilih untuk berintrospeksi ketimbang menyalahkan keadaan. Dia yakin perbaikan sistem dan budaya perusahaan bisa mengurangi korupsi di BUMN.

Editor : Rahmat Fiansyah