Erick Thohir Duga Krakatau Steel Sakit karena Digerogoti Anak Usaha

Aditya Pratama ยท Senin, 02 Desember 2019 - 20:38 WIB
Erick Thohir Duga Krakatau Steel Sakit karena Digerogoti Anak Usaha

Menteri BUMN Erick Thohir (depan kiri) bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (depan tengah) dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (depan kanan) mengikuti rapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Senin (2/12/2019). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir angkat suara soal kondisi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang tengah sakit. BUMN baja yang memiliki utang segunung itu dinilainya terlalu banyak memiliki anak usaha.

"Krakatau Steel dengan utang hampir Rp40 triliun dan punya anak usaha berjumlah 60," kata Erick saat rapat kerja di Komisi VI Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Erick mengaku perlu menelaah secara mendalam untuk mengetahui persoalan Krakatau Steel. Namun, dia tidak bisa melakukannya secara cepat karena gurita bisnis perusahaan tersebut sangat luas. 

"Jadi, apabila bapak ibu tanya saya, bisa tidak me-review Krakatau Steel dalam waktu seminggu. Saya angkat tangan, karena jumlahnya 60," kata dia.

Kendati demikian, Erick menduga Krakatau Steel sakit karena memiliki terlalu banyak anak usaha. Oleh karena itu, dia berencana memperketat seluruh BUMN untuk selektif saat mendirikan anak, cucu, atau cicit usaha. 

"Karena saya tidak ingin BUMN yang sehat malah terbebani oleh anak perusahaan. Saya tidak bicara direksi tapi oknum yang sengaja gerogoti dari pada perusahaan yang sehat-sehat itu," ucap Erick.


Editor : Rahmat Fiansyah