Erick Thohir Jadikan AKHLAK sebagai Nilai Inti Kementerian BUMN, Apa Itu?

Aditya Pratama ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 19:30 WIB
Erick Thohir Jadikan AKHLAK sebagai Nilai Inti Kementerian BUMN, Apa Itu?

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir mengubah logo Kementerian BUMN sebagai wujud semangat baru untuk bertransformasi. Selain itu, dia juga menetapkan slogan baru di instansi yang dipimpinnya.

Erick menyebut, slogan yang merupakan nilai inti (core value) Kementerian BUMN itu disebut AKHLAK. Kata itu merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Hari ini juga saya ingin menetapkan AKHLAK sebagai core value, bukan lips service, karena kalau kita bekerja ada core value, ini yang membuat kita kuat," ujar Erick dalam acara peluncuran logo baru Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020).

Saat menjelaskan mengenai AKHLAK, Erick menekankan pentingnya 'Loyal' kepada bangsa dan negara untuk diterapkan seluruh elemen BUMN. Selain loyal, kata itu memiliki makna luas untuk menjaga citra, harkat, dan martabat diri sendiri hingga bangsa.

Dia juga menyinggung banyaknya kasus hukum yang membelit perusahaan pelat merah dalam beberapa waktu ke belakang.

"Loyal ke bangsa karena kerja di BUMN, tidak pribadi dikedepankan, tentu hasil kerja seperti bonus, tantiem harus, tapi yang lain-lain jangan. Ada 53 kasus hukum di BUMN yang kita enggak mau terulang lagi. Ini kenapa akhlak itu penting," ucap Erick.

Mantan presiden Inter Milan itu juga menekankan kata Adaptif dari akronim tersebut. Maknanya, kata dia, BUMN harus mampu beradaptasi dengan perubahan dengan Kolaboratif.

"Kita harus pastikan proyek-proyek strategis dijalankan seperti yang kemarin dicanangkan Presiden di Batang, Jawa Tengah. Saya meminta BUMN yang terlibat di Batang untuk serius supaya arahan Presiden di mana pembukaan lapangan kerja harus terjadi dalam kondisi seperti ini," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah