Erick Thohir Pastikan Kimia Farma Pasok 4,7 Juta Masker Akhir Bulan Ini

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 14:52:00 WIB
Erick Thohir Pastikan Kimia Farma Pasok 4,7 Juta Masker Akhir Bulan Ini
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo (kanan). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Kimia Farma (Persero) Tbk akan memasok 4,7 juta masker pada akhir Maret 2020. Pasokan itu akan membanjiri pasar yang saat ini mengalami kelangkaan akibat virus korona COVID-19.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut masker tersebut diproduksi secara mandiri oleh Kimia Farma. Sementara, bahan bakunya diimpor.

"Kita memproduksi sendiri 4,7 juta masker, itu bisa produksi sendiri. cuma memang bahan baku kertasnya itu kita ambil dari negara lain," kata Erick melalui video conference, Jumat (20/3/2020).

Mantan presiden Inter Milan meminta kepada BUMN farmasi itu untuk memproduksi masker secara berkelanjutan, termasuk saat Indonesia nanti bebas dari pandemi. Menurut dia, masker dibutuhkan bahkan saat hari-hari biasa seperti haji dan umrah.

Erick siap bersinergi dengan Kementerian Agama sehingga masker yang digunakan untuk jemaah haji dan umrah bisa menggunakan produk dalam negeri.

"Jangan yang impor-impor, jadi begitu kita ada kepastian order. Jangan pada saat kita butuh panik padahal kita punya kekuatan bersinergi, Kementerian BUMN dengan Kemenag," ujarnya.

Selain masker, Erick juga menjanjikan stok obat-obatan aman. Dia meminta kepada masyarakat untuk tak perlu khawatir jika ada yang sakit.

"Saya enggak bisa kasih tahu mereknya apa biar enggak salah, sebab yang penting bagaimana obat ini tersedia bagi yang sakit, dan negara lain juga lakukan, stoknya ada untuk yang sakit," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah