Erick Thohir Sebut Pemimpin Muda Bukan Ancaman tapi Penggerak Transformasi BUMN

Suparjo Ramalan · Senin, 14 Juni 2021 - 21:13:00 WIB
Erick Thohir Sebut Pemimpin Muda Bukan Ancaman tapi Penggerak Transformasi BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemimpin muda di perusahaan negara bukan sebuah ancaman. Keberadaan mereka justru sebagai inspirasi, energi, dan penggerak transformasi BUMN. 

"Generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN, terutama di era digital dan dengan tuntutan dunia usaha yang semakin kompetitif," kata Erick, Senin (14/6/2021).

Kementerian BUMN juga sudah menginisiasi berdirinya komunitas generasi muda di lingkungan BUMN yang dinamai BUMN Muda. BUMN Muda adalah inisiatif strategis untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

"Di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN untuk menggenjot transformasi dan pengembangan human capital (SDM) di BUMN," ucap Erick. 

Komunitas BUMN Muda menjadi wadah bagi generasi muda insan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar dapat berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di masa mendatang.

Mantan Bos Inter Milan itu juga menyebut pentingnya keberlanjutan dalam kepemimpinan. “Program ini harus didukung tapi generasi mudanya juga harus punya track record yang benar,” ujar dia. 

Erick meminta komitmen seluruh direktur utama, wakil direktur utama, dan direktur Human Capital yang membidangi HC untuk mendorong para talenta muda di masing-masing BUMN agar turut aktif di seluruh program kegiatan BUMN Muda.

Editor : Jujuk Ernawati