Evaluasi Dirut & Komut BUMN Tiap Bulan, Erick Thohir: Biar Gampang Kalau Nyopot

Aditya Pratama ยท Senin, 02 Desember 2019 - 17:11 WIB
Evaluasi Dirut & Komut BUMN Tiap Bulan, Erick Thohir: Biar Gampang Kalau Nyopot

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kedua kiri) tiba di ruang Komisi VI DPR untuk mengikuti rapat perdana di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12/2019). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir akan mengevaluasi kinerja BUMN melalui direktur utama (dirut) dan komisaris utama (komut) sebulan sekali. Dua posisi tersebut dinilai bertanggung jawab penuh pada perusahaan.

Erick telah menyampaikan rencananya tersebut kepada manajemen yang mengelola 30 BUMN besar.

"Saya sampaikan bahwa saya akan ada review bulanan sama mereka hanya dihadiri komut dan dirut aja, karena kenapa? saya anggap komut bertanggung jawab kepada komisarisnya, dirut tanggung jawab kepada direksinya," kata Erick di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Mantan Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf itu menilai, keputusan itu diambil karena dia tidak ingin direksi dan komisaris saling lempar tanggung jawab saat ada masalah.

"Saya tidak mau misalnya, mohon maaf ketika saya review kegiatan sebuah bank atau unit usaha direksi saling tunjuk. Yang lebih gampang kita copot saja dirutnya, karena tidak mungkin 142 dikali 5 direksi (dipecat) karena jumlah yang cukup besar," ujarnya.

Erick akan memulai proses evaluasi ini pada manajemen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN. Jajaran direksi dan komisaris bank pelat merah ini minggu lalu dirombak.

"Kemarin di BTN kita hasil rapatnya dari 8 komisaris kita turunkan jadi 6 komisaris, dari 9 direksi jadi 8 direksi dan rabu ini saya langsung review BTN," ujar Erick.


Editor : Rahmat Fiansyah