Fakta-Fakta Waskita Karya Jual Jalan Tol ke Investor

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 14:21:00 WIB
Fakta-Fakta Waskita Karya Jual Jalan Tol ke Investor
Waskita Karya bakal jual 5 jalan tol di tahun ini. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - PT Waskita Karya Tbk menargetkan ada lima ruas jalan tol yang akan dijual ke investor pada tahun ini. Penjualan kelima jalan tol tersebut ditargetkan mencapai Rp2,98 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, mengatakan pelepasan aset negara ke investor ini untuk mendukung keuangan perusahaan yang saat ini masih mencatat kerugian. 

Berikut 3 fakta menarik penjualan 5 ruas jalan tol milik emiten konstruksi pelat merah ini, yang dihimpun MNC Portal Indonesia, Selasa (5/7/2022): 

1. Nilai Penjualan 5 Jalan Tol

Lima jalan tol yang akan dijual Waskita Karya di tahun ini, adalah PT Semesta Marga Raya (SMR), PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (TJPJT), PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR),  PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT). 

Nilai pengjualan 5 ruas jalan tol itu ditargetkan sebagai berikut: 

- PT Semesta Marga Raya (SMR) Rp471 miliar
- PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) Rp1,1 triliun
- PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (TJPJT) Rp359 miliar
- PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Rp583 miliar
- PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) Rp306 miliar. 

Selain itu, ada PT JSN dengan kompensasi senilai Rp161 miliar.

2. Jual Tol Cimanggis – Cibitung ke SMI 

Waskita Karya melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai partner strategis untuk percepatan pembangunan ruas tol Cimanggi –Cibitung. Kerja sama ini mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp1,765 triliun. 

Masuknya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi ruas tol Cimanggis–Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55 persen kepemilikan saham WTR di CCT.

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90 persen. Dan setelah masuknya SMI, maka struktur kepemilikan pada CCT terdiri dari SMI sebesar 55 persen, WTR sebesar 35 persen  serta pemegang saham lainnya sebesar 10 persen.

3. Perkuat Kepemilikan Saham di PT WTR

Waskita Karya juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) dengan menggantikan kepemilikan saham SMI di WTR sejumlah 752.475 saham atau sebanyak 4,5 persen melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama.

Nilai transaksi Rp1,765 triliun terdiri dari Rp339 miliar atas 55 persen kepemilikan saham WTR pada CCT, serta adanya pengalihan Shareholder Loan (SHL) WTR di CCT sebesar Rp1,426 Triliun.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda