Gandeng UNICEF, Indonesia Berharap Vaksin Bisa Murah Sampai ke Masyarakat

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 16 September 2020 - 14:46 WIB
Gandeng UNICEF, Indonesia Berharap Vaksin Bisa Murah Sampai ke Masyarakat

Vaksin Covid-19. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia menggandeng lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNICEF terkait penyaluran vaksin Covid-19. Kerja sama tersebut diharapkan membuat Indonesia memperoleh vaksin dengan harga terjangkau.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, lewat kerja sama itu, Indonesia memperoleh opsi bantuan finansial Official Development Assistance (ODA) dari UNICEF.

"Yang pasti, dengan bantuan financial ODA diharapkan harga vaksin akan lebih murah dibanding mekanisme yang lain," ujarnya, Rabu (16/9/2020).

Retno mengatakan, Indonesia sejak awal gencar menjalin komunikasi dengan negara-negara lain terkait vaksin. Salah satunya dengan Aliansi Gavi yang disokong Koalisi untuk Kesiapan Inovasi Epidemi (CEPI) dan WHO.

Hari ini, kata Retno, Indonesia meneken nota kesepahaman dengan UNICEF dalam pengadaan infrastruktur distribusi vaksin. Retno bilang, dengan adanya infrastruktur memadai, penyaluran vaksin diharapkan lancar dan tidak mengalami hambatan berarti.

"Dengan MoU ini, ketika vaksin (yang didapatkan) lewat jalur multilateral sudah ada, maka infrastrukturnya sudah ada sehingga tidak terjadi delay dalam delivery-nya," katanya.

MoU ini mengatur pengadaan barang dan jasa melalui UNICEF mulai dari pengajuan, pembayaran, hingga sampai proses pengiriman.

Editor : Rahmat Fiansyah