Gara-Gara Covid-19, Grab PHK 360 Karyawan

Aditya Pratama ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 22:12:00 WIB
Gara-Gara Covid-19, Grab PHK 360 Karyawan
Aplikasi Grab. (Foto: Okezone)

SINGAPURA, iNews.id - Grab memutuskan untuk melepas 360 karyawan atau sekitar 5 persen dari total karyawan. Keputusan itu diambil sebagai bentuk efisiensi Grab yang tertekan pandemi Covid-19.

"Dengan berat hari, saya sampaikan kita akan melepas 360 Grabbers, atau sedikit di bawah 5 persen dari karyawan kami," tulis Founder & CEO Grab, Anthony Tan melalui memo yang dipublikasikan, Selasa (16/6/2020).

Sejak Februari 2020, kata dia, bisnis Grab di berbagai negara tertekan pandemi. "Pada saat yang sama, situasi menjadi jelas bahwa pandemi sepertinya akan menciptakan resesi berkepanjangan dan kita harus bersiap untuk melewati masa-masa pemulihan yang panjang," tulis Tan.

Tan mengatakan, keputusan untuk mem-PHK karyawan merupakan hal yang sangat sulit. Dalam beberapa bulan terakhir, kata dia, Grab telah melakukan efisiensi mulai dari mengurangi biaya operasional hingga memangkas gaji karyawan level atas.

Dia juga menyebut, Grab akan menutup proyek-proyek yang bukan prioritas sekaligus mengurangi tim ke depan. Selain itu, karyawan juga lebih banyak dialokasikan pada sektor-sektor dengan tingkat permintaan yang tinggi.

"Kita telah menyelamatkan banyak pekerjaan lewat strategi ini sehingga kita bisa membatasi pengurangan jumlah karyawan di bawah 5 persen," katanya.

Juru bicara Grab mengatakan, PHK tersebut dilakukan karena perusahaan ingin organisasi lebih lincah dan efisien. Dia menepis Grab mengalami masalah permodalan.

"Kami tetap fokus beradaptasi pada bisnis-bisnis inti kami yaitu transportasi, pengiriman, pembayaran, dan layanan keuangan untuk mengatasi tantangan dan peluang di era new normal," ujarnya.


Editor : Rahmat Fiansyah