Garuda Indonesia Punya Dirut Baru, Ini Pesan Mantan Komut

Aditya Pratama ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 15:51 WIB
Garuda Indonesia Punya Dirut Baru, Ini Pesan Mantan Komut

Mantan Komut Garuda Sahala Lumban Gaol meminta manajemen baru memperbaiki kinerja. (Foto: Istimewa)

TANGERANG, iNews.id - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah merampungkan struktur baru di jajaran komisaris dan direksi perusahaan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam RUPSLB tersebut menetapkan Irfan Setiaputra menjadi Direktur Utama dan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama.

Mantan Komisaris Utama (Komut) Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol menyampaikan kepada jajaran komisaris dan direksi saat ini untuk dapat meneruskan target manajemen lama dalam memperbaiki kinerja maskapai penerbangan pelat merah itu.

Dia berharap jajaran komisaris dan direksi saat ini dapat meningkatkan bisnis logistik sebagai sumber pendapatan perseroan selain bisnis transformasi penumpang. Pasalnya, pendapatan selain tiket pesawat dapat memperbaiki keuangan Garuda ke depan.

“Jangan mengutamakan penerimaan dari penumpang atau tiket. Penerimaan nontiket harus lebih besar itu target kami,” ujar Sahala di Tangerang, Rabu (22/1/2020)

Sahala menambahkan, dengan meningkatkan penerimaan nontiket maka dapat memberikan efek positif kepada perusahaan. Tidak tertutup kemungkinan harga tiket pesawat Garuda akan menjadi lebih terjangkau karena dukungan penerimaan dari lini bisnis lain.

“Sehingga bisnis logistiknya diangkat dan bisnis transportasi penumpang tidak merupakan titik utama. Jadi membuat harga tiket berkembang. Harus diubah dari fokus harga tiket jadi kargo. Nanti akan kita lihat,” kata dia.

Dia berharap, pendapatan yang diterima Garuda dari penjualan tiket selama ini sebesar 80 persen dapat diubah menjadi 50 persen. Sementara itu, 50 persen lainnya berasal logistik atau kargo. 

Editor : Ranto Rajagukguk