Gelar Miliarder Dicabut, Kylie Jenner: Saya Tidak Pernah Berniat Berbohong

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 21:07:00 WIB
Gelar Miliarder Dicabut, Kylie Jenner: Saya Tidak Pernah Berniat Berbohong
Kylie Jenner. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Forbes menobatkan Kylie Jenner sebagai miliarder termuda pada 2019. Gelar miliarder selebgram berusia 22 tahun itu kemudian dicabut karena kekayaan Jenner ternyata tak sampai 1 miliar dolar AS.

Pada awal tahun ini, Coty, perusahaan kecantikan yang bermarkas di New York, membeli 51 persen saham Kylie Cosmetics. Pembelian itu menunjukkan skala dan laba bersih bisnis kosmetik milik Kylie Jenner lebih kecil dari yang dicatat Forbes.

"Saya tidak pernah meminta gelar apapun atau berniat berbohong saat itu. Titik," cuit Jenner melalui akun Twitter @KylieJenner, dikutip Minggu (31/5/2020).

Dengan kalkulasi terbaru Forbes, total kekayaan Jenner sebenarnya mencapai 900 juta dolar AS. Namun, jumlah itu belum cukup baginya untuk menyandang gelar miliarder karena harus memiliki harta sedikitnya 1 miliar dolar AS.

Pengacara Jenner, Michael Kump mengatakan, kliennya tak terima dengan tuduhan Forbes bahwa Jenner dan akuntannya membesar-besarkan data pajak supaya hartanya terlihat lebih besar.

"Kami menuntut Forbes untuk segera mencabut pernyataan terhadap Kylie di depan publik, dan juga pernyataan-pernyataan lainnya," kata Kump kepada People.

Chief Communications Officer Forbes, Matt Hutchison mengatakan, penyelidikan yang dilakukan Forbes terhadap dokumen terbaru (Coty) menunjukkan adanya ketimpangan antara informasi yang diberikan secara pribadi kepada jurnalis dengan informasi yang diberikan secara umum kepada pemegang saham," katanya.

Hutchison mengakui reporter menemukan kekeliruan ihwal informasi tersebut. Selain itu, kata dia, penyelidikan itu dilakukan berbulan-bulan untuk menemukan fakta yang sebenarnya.

Fakta itu terungkap saat Jenner mengumumkan akan menjual 51 persen saham Kylie Cosmetics pada akhir 2019. Jenner memperkirakan valuasi Kylie Cosmetics saat itu mencapai 1,2 miliar dolar AS.

Keterbukaan informasi yang disampaikan Coty justru menunjukkan perusahaan menghasilkan penjualan sebesar 125 juta dolar AS pada 2018. Sementara Jenner menyebut, bisnisnya telah menghasilkan pendapatan 360 juta dolar AS.

Perbedaan inilah yang membuat Forbes akhirnya berkesimpulan bahwa nilai bisnis Kylie Cosmetics lebih rendah dari perhitungan awal. Apalagi, banyak analis Wall Street yang menyebut harga yang dibayar Coty untuk 51 persen saham Kylie Cosmetics terlalu mahal mengingat krisis Covid-19 menekan bisnis kecantikan.

Editor : Rahmat Fiansyah