Gelar RUPS, MNC Land Setujui Stock Split dengan Rasio 1:5

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Senin, 06 Agustus 2018 - 17:46 WIB
Gelar RUPS, MNC Land Setujui Stock Split dengan Rasio 1:5

PT MNC Land Tbk (IDX: KPIG) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio 1:5. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Land Tbk (IDX: KPIG) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio 1:5. Adapun nilai nominal masing-masing saham turun dari Rp500 menjadi Rp100. Sedangkan jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor meningkat dari 14.815.824.558 saham menjadi 74.079.122.790 saham.

Direktur Utama MNC Land Hary Tanoesoedibjo mengatakan, keputusan RUPSLB ini akan membuat performa perseroan semakin baik. Terutama dengan adanya stock split dapat membuat harga saham menjadi lebih terjangkau bagi para investor.

"Seharusnya makin bagus kaitannya dengan RUPS kali ini, status stock split supaya harga sahamnya terjangkau di bursa supaya likuiditasnya lebih bagus," ujarnya setelah RUPSLB di iNews Tower, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama MNC Land M Budi Rustanto mengatakan, dengan adanya perubahan nilai saham ini dapat meningkatkan likuiditas saham KPIG. Sebab, nilai nominal masing-masing saham akan turun dan jumlah saham yang beredar semakin banyak di pasar modal Indonesia.

Ia yakin dengan stock split ini ditambah banyaknya proyek yang tengah digarap perseroan dapat membuat para investor tertarik untuk membeli saham KPIG. Apalagi proyek-proyek yang tengah dikerjakan ditargetkan selesai pada tahun depan.

"Proyek-proyek kita sudah mulai dan ada yang sudah berjalan, dengan selesainya proyek-proyek yang diselesaikan tahun depan akan meningkatkan value daripada perusahaan," kata dia.

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui untuk meningkatkan modal dasar perseroan dari semula 14 miliar saham dengan total nominal saham seluruhnya sebesar Rp7 triliun menjadi 59 miliar saham dengan total nominal saham seluruhnya sebesar Rp29,5 triliun.

Kemudian, disetujui pembagian saham bonus yang berasal dari kapitalisasi agio saham dengan rasio 1:1 sehingga setelah saham bonus dibagikan, jumlah modal ditempatkan, dan disetor penuh meningkat. Jumlah semula 7.407.912.279 saham masing-masing dengan nilai nominal Rp500 per saham menjadi 14.815.824.558 saham dengan nilai nominal Rp500 per saham atau dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp7,4 triliun.

"Seharusnya makin bagus kaitannya dengan RUPS kali ini, dengan kapitalisasi agio jadi modal disetornya naik jadi Rp7 triliun ini," ucap HT.

Pemegang saham juga menyetujui untuk mengangkat Natalia Cecilia Tanudjaja sebagai Direktur Independen dan berlaku efektif terhitung sejak ditutupnya RUPSLB sampai dengan penutupan RUPST untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 yang diselenggarakan pada tahun 2023.

"Kita mengangkat direktur independen tujuannya yaitu untuk meregulasi karena perusahaan-perusahaan publik kan harus ada pihak independen," tutur HT.

Menetapkan bahwa terhitung sejak ditutupnya rapat ini, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Amir Abdul Rachman Komisaris: Liliana Tanoesoedibjo

Komisaris: Christ Soepontjo

Komisaris Independen: Susaningtyas Nefo H. Kertopati

Komisaris Independen: Stien Maria Schouten

Dewan Direksi

Direktur Utama: Hary Tanoesoedibjo

Wakil Direktur Utama: M Budi Rustanto

Wakil Direktur Utama: Herman Heryadi Bunjamin Direktur: Erwin R Andersen

Direktur: Michael S Dharmajaya Direktur Independen: Natalia Cecilia Tanudjaja

Editor : Ranto Rajagukguk