GeNose C19 Mulai Tersedia di 4 Bandara, Ini Daftarnya

Giri Hartomo ยท Kamis, 01 April 2021 - 10:58:00 WIB
GeNose C19 Mulai Tersedia di 4 Bandara, Ini Daftarnya
GeNose C19, alat deteksi Covid-19 berbasis embusan nafas diterapkan di bandara mulai 1 April. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - GeNose C19, alat deteksi Covid-19 berbasis embusan nafas diterapkan di bandara mulai 1 April 2021. Ada empat bandara yang menyediakan layanan tersebut.

"Kami akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu alternatif  persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang, namun saat iniakan dimulai di empat bandar udara,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, Kamis (1/4/2021)

Keempat bandara itu yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, (Palembang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Internasional Yogyakarta (Kulonprogo) dan Bandara Internasional Juanda (Surabaya).

Budi mengatakan, penggunaan GeNose C19 seiring terbitnya Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 26 tahun 2021. SE ini menindaklanjuti SE Ketua Satgas Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021. 

"Akan dimulai sejak 1 April 2021. Meskipun akan terbatas, namun akan terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan dalam  pelaksanaannya," katanya.

Menurut Budi, penumpang masih dapat menggunakan RT-PCR dan Rapid Test Antigen. Adapun GeNose menjadi alternatif untuk menambah pilihan bagi masyarakat untuk memeriksa virus corona.

“Dengan adanya SE ini diharapkan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk menggunakan alat uji Covid sebagai syarat perjalanan,” ucap Budi.

Editor : Rahmat Fiansyah