Grab Dapat Suntikan Dana Rp2,94 Triliun dari Perusahaan Korsel

Djairan ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 22:13 WIB
Grab Dapat Suntikan Dana Rp2,94 Triliun dari Perusahaan Korsel

Aplikasi Grab. (Foto: Okezone)

SINGAPURA, iNews.id - Aplikator transportasi online, Grab mendapatkan pendanaan baru senilai 200 juta dolar AS (Rp2,94 triliun) dari perusahaan ekuitas swasta asal Korea Selatan (Korsel) Stic Investments. Stic Investments yang berbasis di Seoul Korsel diketahui ingin meningkatkan eksposur ke wilayah Asia Tenggara. 

Dalam pemberian dana segar tersebut, pihaknya akan menginvestasikan sekitar 100 juta dolar AS (Rp1,47 triliun) dari salah satu sumber dananya, sedangkan sisanya berasal dari co-investor lainya.

Dikutip dari Bloomberg pada Senin (3/8/2020), Stic Investments maupun Grab menolak untuk berkomentar, sementara sumber informasi tersebut menolak untuk mengungkap identitasnya karena informasi itu masih bersifat pribadi.

Terlepas dari dampak ekonomi akibat pukulan pandemi Covid-19 terhadap bisnis konsumen, Grab telah mampu mengumpulkan pendanaan untuk terus mendanai operasional bisnis perjalanannya, juga di pengiriman makanan serta layanan keuangan digital yang sedang ramai peminatnya.

Perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut telah menjadi salah satu dari startup teknologi paling kaya di Asia Tenggara. Menurut CB Insights, Grab tercatat telah mengumpulkan lebih dari 10 miliar dolar AS (Rp147,13 triliun) hingga saat ini, termasuk sekitar 3 miliar dolar AS (Rp 44,14 triliun) dari konglomerat bisnis asal Jepang SoftBank Group.

Semantara itu, sejak didirikan pada tahun 1999, Stic Investments telah mengelola sekitar 4,5 miliar dolar AS (Rp66,21 triliun). Perusahaan portofolionya termasuk salah satunya Big Hit Entertainment, perusahaan di balik suksesnya grup boy band K-pop BTS, juga konglomerat Vietnam Masan Group Corp. 

Editor : Ranto Rajagukguk