Grab Dikabarkan Mau Bikin Bank Online di Singapura

Rahmat Fiansyah ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 21:06 WIB
Grab Dikabarkan Mau Bikin Bank Online di Singapura

Grab. (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Grab tengah menjajaki lini bisnis baru. Startup bergelar decacorn itu dikabarkan hendak membangun bank online.

Dikutip dari Reuters, Jumat (14/6/2019), Grab saat ini tengah mendekati otoritas perbankan di Singapura agar keinginannya tersebut bisa terwujud. Bahkan, Grab sudah berencana merekrut konsultan ahli untuk mengukur potensi bisnis perbankan digital dengan kekuatan yang ada.

Terkait kabar tersebut, pihak Grab menolak menanggapi. Otoritas Moneter Singapura (MAS) saat ini mengaku tengah mempelajari kemungkinan model bisnis "bank digital tanpa induk" di industri jasa keuangan negara tersebut.

Sementara, Hong Kong, rival Singapura sebagai hub pasar keuangan, sudah lebih dulu membuat regulasi serupa pada awal tahun ini. Namun, MAS dilaporkan segera mengambil keputusan dalam beberapa bulan ke depan.

Jika Grab masuk ke industri perbankan, maka akan menjadi ancaman serius bagi bank-bank yang selama ini mendominasi di Singapura seperti DBS, OCBC, dan UOB.

Grab yang baru berusia tujuh tahun memiliki keunggulan komparatif dibandingkan bank-bank tradisional. Mereka menguasai big data yang mencakup mulai dari pergerakan transportasi konsumen hingga perilaku konsumen berbelanja.

Keterlibatan Grab di bidang keuangan bukan hal yang baru. Pada tahun lalu, startup yang didirikan oleh Anthony Tan ini menggandeng Credit Saison Co Ltd Jepang untuk menyediakan pinjaman di Asia Tenggara.


Editor : Rahmat Fiansyah