Hadir di Kampus ISI Solo, Gibran Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Antara ยท Selasa, 05 November 2019 - 23:04 WIB
Hadir di Kampus ISI Solo, Gibran Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ant)

SOLO, iNews.id - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mendorong mahasiswa untuk berani menjadi pengusaha. Gibran menilai, usia muda menjadi momen terbaik untuk memulai bisnis.

"Saya selalu dorong adik-adik yang lebih muda dari saya. Muda adalah kekuatan, mebinreka lebih bisa berkreasi, punya inovasi, dan melek teknologi," kata Gibran saat menjadi narasumber di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Selasa (5/11/2019).

Dia mengatakan, mahasiswa tidak harus menunggu lulus kuliah untuk bisa menjalankan bisnis mereka. Namun, dia menilai anak muda harus memiliki motivasi sebelum memulai bisnis.

"Motivasinya adalah uang, namun ketika sudah sukses harus ingat kalau kita harus bisa menginspirasi banyak orang, memberikan CSR. Kalau tidak ada uang kan tidak bisa," tuturnya.

Gibran mengakui menjadi pengusaha atau karyawan merupakan pilihan hidup masing-masing individu. Namun, bagi dia, menjadi pengusaha lebih baik sehingga dia lebih memilih menjadi pengusaha daripada karyawan.

Soal potensi usaha, pemilik usaha katering Chilli Pari dan martabak Markobar itu menyebut salah satu potensi yang terbesar adalah sektor kuliner tradisional.

"Di Solo ini potensi kuliner banyak. Kalau bisa dikembangkan dan ditunjang dengan pemanfaatan teknologi yang memadai, pasti bisa menaikkan posisi mereka," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah