Harga Minyak Jatuh, Pertamina Tetap Kembangkan Kilang

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 17:40 WIB
Harga Minyak Jatuh, Pertamina Tetap Kembangkan Kilang

Pertamina akan terus mengembangkan kilang minyak dalam program refinery development master plan (RDMP) meski harga minyak anjlok. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) akan terus mengembangkan kilang minyak dalam program refinery development master plan (RDMP) meski harga minyak anjlok. Pengembangan kilang dinilai sangat penting untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk Pertamina.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, percepatan produksi minyak menjadi salah satu tujuan pengembangan kilang. Pada 2026, Pertamina menargetkan mampu memproduksi minyak 1 juta barel per hari.

Tujuan lainnya, kata dia, untuk meningkatkan kualitas produk Pertamina. Menurut Nicke, tujuan ini bahkan lebih penting daripada tujuan pemenuhan target produksi.

"Jangan lupa, kita bangun kilang sebagian besar itu kita lakukan improvement (pengembangan) dari kilang existing (yang sudah ada) untuk meningkatkan kualitas produk," kata Nicke, Minggu (26/7/2020).

Mantan direktur PLN tersebut mengatakan, sebagian besar produksi BBM yang dihasilkan kilang di Indonesia masih berstandar Euro 2 yang tidak ramah lingkungan. Apalagi, pemerintah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas kaca.

"Saat ini, produksi kita masih Euro 2 sebagian besar. Padahal tuntutan dunia dari segi lingkungan itu Euro 4 dan Euro 5," ucapnya.

Selain itu, menurut Nicke, pengembangan kilang juga akan diintegrasikan dengan petrokimia. Dengan demikian, pengembangan kilang itu akan memberikan nilai tambah tak hanya untuk perusahaan, melainkan ekonomi nasional.

Editor : Rahmat Fiansyah