Harga Minyak Naik, Brent Dijual 62,74 Dolar AS per Barel

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 07 April 2021 - 08:58:00 WIB
Harga Minyak Naik, Brent Dijual 62,74 Dolar AS per Barel
Harga minyak naik. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak naik pada Selasa (6/4/2021) waktu setempat membalikkan kerugian dari sesi sebelumnya.

Mengutip Xinhua, Rabu (7/4/2021), West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei bertambah 68 sen menjadi 59,33 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Juni naik 59 sen menjadi 62,74 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Pergerakan tersebut mengikuti kemunduran besar di pasar minyak. Minyak mentah berjangka AS dan Brent keduanya turun lebih dari 4 persen pada Senin di tengah kekhawatiran atas risiko penawaran dan permintaan.

Pekan lalu, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+ setuju untuk secara bertahap meningkatkan produksi dalam tiga bulan mendatang. Grup tersebut memulihkan produksi yang dipangkas tahun lalu untuk mendukung harga karena permintaan bahan bakar merosot di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Komite Teknis Bersama (JTC) OPEC+ merevisi turun perkiraan permintaan minyak pada 2021. "Ini akan meningkatkan surplus pasokan baru di pasar minyak dan pada awalnya berarti mengabaikan tujuan yang dinyatakan untuk menghilangkan kelebihan stok minyak mentah," kata Eugen Weinberg, analis energi di Commerzbank Research, dalam sebuah catatan pada Selasa.

"Situasi di pasar minyak kemungkinan akan tetap bergejolak," tuturnya. 

Editor : Ranto Rajagukguk