Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik, Ini Kisarannya

Oktiani Endarwati ยท Senin, 20 September 2021 - 15:07:00 WIB
 Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik, Ini Kisarannya
Seorang pengendara saat mengisi BBM jenis Pertamax di salaha satu SPBU wilayah Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex.

Harga baru dua produk bahan bakar khusus (BBK) tersebut berlaku sejak tanggal 18 September 2021. Sedangkan untuk BBM jenis lain seperti Pertalite, Pertamax, dan Dexlite tidak mengalami perubahan. 

Penyesuaian harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Sebelumnya harga Pertamax Turbo berkisar Rp9.850-Rp10.250 per liter. Kini naik menjadi Rp12.300-Rp12.700. Sementara harga Pertamina Dex sebelumnya berkisar Rp10.200-Rp10.650 per liter, kini naik menjadi Rp11.150-Rp11.550 per liter.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno, mengatakan penyesuaian harga dilakukan karena mengikuti perkembangan harga minyak dunia yang terus naik.

"Untuk harga yang disesuaikan adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Untuk produk lain tidak ada penyesuaian," ujar Putut, ketika dihubungi, Senin (20/9/2021).

Meski mengalami kenaikan, lanjutnya, harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk setara lainnya.

Menurut dia, untuk penyesuaian harga produk BBM lain, sampai saat ini masih dalam kajian tim pricing. "Sampai saat ini belum ada rencana penyesuaian," ungkap Putut.

Untuk mengetahui daftar harga BBM Pertamina di setiap daerah, masyarakat bisa langsung mengecek situs berikut https://mypertamina.id/fuels-harga/

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: