Hari Terakhir Larangan Mudik, 2.100 Penumpang KA Diprediksi Tiba di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Giri Hartomo ยท Senin, 17 Mei 2021 - 13:26:00 WIB
Hari Terakhir Larangan Mudik, 2.100 Penumpang KA Diprediksi Tiba di Stasiun Gambir dan Pasar Senen
Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa. (Foto: MNC Portal Indonesia/Muhammad Refi Sandi)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkirakan sekitar 2.100 penumpang kereta api jarak jauh yang akan tiba di Jakarta melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen, pada hari terakhir larangan mudik, Senin (17/5/2021).

"Kami perkirakan penumpang kereta api jarak jauh yang akan masuk di Stasiun Pasar Senen mencapai 1.200 orang, dan Stasiun Gambir adalah 900 penumpang," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa, kepada MNC Portal Indonesia, Senin (17/5/2021).

Menurut dia, hingga siang ini arus balik penumpang dari mudik lebaran di kedua stasiun tersebut masih terpantau landai. Namun diperkirakan pada sore dan malam, penumpang kereta api jarak jauh yang tiba di kedua stasiun itu akan meningkat.

Sementara itu, Jumlah Kereta Api (KA) yang datang juga masih terbatas sama dengan jumlah KA yang berangkat yakni 7 KA per hari. Dari 7 KA yang tiba di area Daop 1 Jakarta Pada Senin 17 Mei 2021 terdapat 4 KA tiba di Stasiun Gambir dan 3 KA lainnya tiba di Stasiun Pasar Senen. 

Meskipun begitu, lanjutnya, jumlah penumpang yang datang ke Jakarta masih lebih rendah dibandingkan sebelum adanya larangan mudik. Pada masa pandemi sebelum larangan mudik, volume kedatangan Di Stasiun Pasar Senen berkisar hingga sekitar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar hingga 3.500 penumpang. 

“Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan volume kedatangan pada masa pandemi,” kata Eva.

Eva memastikan seluruh penumpang yang tiba di Gambir dan Pasar Senen telah memenuhi persyaratan kesehatan dan persyaratan perjalanan. Sebab perseroan telah melakukan pemeriksaan berkas persyaratan perjalanan dan surat bebas covid-19. 

Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh penumpang berangkat di stasiun awal keberangkatan baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.  Adapun persyaratan surat bebas covid dilakukan dengan memperlihatkan surat Rapid Tes PCR, Antigen maupun GeNose C-19. 

“PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan di masa pandemi konsisten diterapkan guna memdukung upaya pemerintah dalam hal penanganan Covid-19,” jujar Eva.

Editor : Jeanny Aipassa