HBBL 2021 Segera Ditutup, Simak Lima Manfaatnya

Ferdi Rantung · Senin, 03 Mei 2021 - 14:12:00 WIB
HBBL 2021 Segera Ditutup, Simak Lima Manfaatnya
Konsumen sedang di sebuah showroom produk lokal Bandung. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan pendaftaran peserta Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021 ditutup hari ini, Senin (3/5/2021). 

Untuk itu, Kemenparekraf menyarankan pelaku usaha yang memiliki produk atau brand bisnis karya sendiri untuk segera mendaftarkan sebelum HBBL 2021 resmi ditutup.

"Pendaftaran hari Belanja Brand lokal (HBBL) 2021 akan ditutup sebentar lagi. Segera daftarkan brand lokal sobat sekarang di #HLBB2021," demikian pengumuman Kemenparekraf, lewat akun Instagram, Senin (3/5/2021)

Dalam pengumuman tersebut, kemenparekraf menjelaskan dengan mengikuti gelaran HBBL, banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk kemajuan bisnis. 

Ada lima keuntungan bagi pelaku usaha yang mendaftarkan produknya ke HBBL 2021, yaitu mendapatkan exposure di platform HBBL secara gratis. 

Manfaat selanjutnya adalah menjadi bagian dari komunitas brand lokal, membuka kesempatan kolaborasi dan bisnis baru, membentuk relaksasi dengan berbagai brand lokal dan stakeholder, serta mendapatkan coverage dari berbagai media ternama. 

Seperti diketahui, program HBBL dicetuskan oleh Hypefast bersama dengan berbagai brand lokal tanah air dengan dukungan Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

HBBL merupakan sebuah kampanye bersama brand lokal tanah air yang bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat Indonesia terhadap brand dan produk lokal Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi

"Kampanye HBBL ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandi seperti dikutip dari keterangan resmi dari kegiatan tersebut

Pada 2020 , HBBL berhasil sukses diikuti oleh 1.152 brand lokal, ini menjadi motivasi untuk terus melanjutkan kampanye tersebut di tahun 2021.  

Berbagai brand lokal ternama ikut memeriahkan HBBL 2020 di antaranya Brodo, Monomom, Ria Miranda, Torch, Wearstatuquo, Cotton Ink, Sparse, Motiviga, Soleram, Sabine and Heem, Nona. HBBL 2021 ini menargetkan total 2000 brand lokal yang akan bergabung pada tahun ini.

Editor : Jeanny Aipassa