Ibu Kota Negara di Kaltim Bakal Punya Bandara Baru

Antara ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 16:18 WIB
Ibu Kota Negara di Kaltim Bakal Punya Bandara Baru

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Humas Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan membangun ibu kota negara (IKN) RI di Kalimantan Timur pada pertengahan tahun ini. Ibu kota ini bakal dilengkapi dengan bandara baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, bandara baru tersebut akan mendukung dua bandara yang sudah ada (existing) di Kaltim, yaitu Bandara Sepinggan di Balikpapan dan Bandara APT Pranoto di Samarinda.

“Ada bandara ketiga. Titiknya belum tahu tapi kira-kira 15 kilometer dari pusat kota,” kata Menhub dalam diskusi 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara' di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Bandara tersebut, kata dia, tidak akan dibangun dengan APBN, melainkan menggunakan skema KPBU (kerja sama pemerintah badan usaha). Pemerintah akan mengundang swasta, baik domestik maupun asing, untuk membangun bandara itu.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menjamin ketiga bandara di Kaltim akan saling melengkapi satu sama lain. Dia menyebut sejumlah investor asing sudah membidik, baik pembangunan maupun pengelolaan bandara.

“Yang pasti Korea, Jepang dan China itu minat sekali,” ujarnya.

Menhub menargetkan bandara tersebut bisa dibangun pada 2021. Saat ini, pemerintah akan menggelar sayembara desain sebelum menggelar tender proyek. Saat selesai dibangun, dia menjamin bandara tersebut langsung berstatus internasional.

Editor : Rahmat Fiansyah