Imbas Covid-19, Angka Pengangguran Tembus 10 Juta Orang

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 17:57 WIB
Imbas Covid-19, Angka Pengangguran Tembus 10 Juta Orang

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah pengangguran akibat Covid-19 terus bertambah. Hingga saat ini, muncul sekitar tiga juta pengganguran baru dalam tiga bulan terakhir.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, dari 3 juta pengangguran baru, 1,8 juta terverifikasi dan 1,2 juta belum terverifikasi. Ditambah angka pengangguran tahun lalu, total pengangguran saat ini mencapai 10 juta orang.

"Selama pandemi Covid-19 ini yang tercatat di Kementerian Ketenagakerjaan adalah 1,8 dalam verifikasi dan yang belum terverifikasi 1,2, dan ini menambah daripada tingkat pengangguran tahun lalu sebanyak 7 juta," ujarnya, Jumat, Jumat (26/6/2020).

Airlangga mengatakan, kenaikan tersebut di atas perkiraan pemerintah. Oleh karena itu, dampak Covid-19 perlu ditangani dengan baik dan cepat agar pengangguran tak menciptakan kemiskinan baru.

Mantan menteri perindustrian itu menilai, pengangguran banyak terjadi pada sektor-sektor yang terdampak serius Covid-19. Banyak bisnis yang pendapatannya turun drastis, sehingga terpaksa melakukan PHK terhadap karyawan.

Dia menyebutkan beberapa di antaranya pariwisata, otomotif, dan pertambangan yang turun hingga dua digit. Kendati demikian, dia berharap kondisi ini tak berlarut-larut.

"Kalau kita lihat antara Mei dan Juni sudah mulai naik ke atas," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah