Ingin Memulai Bisnis Pribadi? Simak 5 Tips Marketing di Era Digital

Rully Ramli ยท Sabtu, 10 November 2018 - 17:02 WIB
Ingin Memulai Bisnis Pribadi? Simak 5 Tips Marketing di Era Digital

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Memulai bisnis pribadi adalah satu hal yang ingin dilakukan banyak orang. Dengan keuntungan besar dan waktu kerja yang tidak mengikat, banyak orang saat ini mulai membuka usahanya sendiri.

Akan tetapi, kebanyakan orang tidak ingin memulai bisnis karena takut mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut sebenarnya bisa dicegah apabila kita telah mempelajari terlebih dahulu langkah-langkah sebelum memulai bisnis.

Marketing adalah kunci penting untuk memulai bisnis anda. Karena dari sinilah bisnis Anda akan dikenal oleh konsumen.

Di era digital ini, marketing dapat dilakukan lebih mudah dan murah. Dengan memaksimalkan penggunaan internet, anda tidak perlu takut kalah bersaing dalam mempromosikan perusahaan anda dengan perusahaan yang masih menggunakan marketing secara tradisional.

Berikut lima tips untuk mempromosikan bisnis anda menggunakan internet.

1. Buat Konten yang Relevan

Konten adalah salah satu hal paling penting dalam strategi marketing digital. Dengan menciptakan konten di dunia digital, anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk mempromosikan bisnis anda. Hal ini menjadi sangat penting, karena dari sini lah anda mencoba menarik perhatian dari pelanggan.

Konten juga perlu pembaharuan setiap waktunya, sehingga bisnis anda akan terus relevan di kalangan pelanggan. Jika anda berencana untuk melakukan bisnis dengan tema musiman, jangan lupa untuk memperbaharui konten anda setiap musimnya.

2. Lakukan Giveaway

Siapa yang tidak suka dengan kompetisi berhadiah? Giveaway adalah strategi baik lainnya untuk mengembangkan bisnis anda. Hal ini akan mendorong pelanggan untuk mengunjungi website atau akun anda, dengan harapan mereka dapat memenangkan kompetisi yang digelar.

Ketika pelanggan mulai berdatangan, ini adalah kesempatan anda untuk menarik perhatian mereka dengan konten yang anda sudah buat sebelumnya.

3. Gunakan Pop-up

Pop-up atau iklan yang biasa muncul ketika anda mengunjungi suatu website juga bisa menjadi langkah yang efektif dalam menyuarakan bisnis anda. Meskipun langkah ini membutuhkan sedikit dana lebih, langkah ini efektif untuk mengalihkan perhatian pelanggan yang sedang mengunjungi website lain.

4. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Global Digital Report pada 2018, pengguna media sosial di dunia mencapai angka 3 miliar. Oleh karena itu media sosial merupakan salah satu platform yang penting untuk mempromosikan perusahaan anda secara digital. Jika anda tidak memiliki paltform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, anda akan kehilangan kesempatan anda.

5. Lakukan Analisis Secara Berkala

Setelah melakukan tips-tips sebelumnya, anda harus rutin melakukan evaluasi terhadap efektifitas promosi yang anda telah lakukan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat melakukan analisis data secara cepat, salah satunya ialah, Google Analytics. Dengan melakukan evaluasi, anda dapat mengetahui berapa rasio keuntungan anda dari promosi yang anda telah lakukan.


Editor : Rahmat Fiansyah