Ini Daftar BUMN yang Sudah Go Global

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 21:04 WIB
Ini Daftar BUMN yang Sudah Go Global

PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu BUMN yang sudah go global. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir meminta perusahaan pelat merah bisa berkiprah di mancanegara. Dengan begitu, Indonesia tidak melulu menjadi target pasar melainkan, bisa menjadi produsen bagi pasar global. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Erick tengah menyiapkan kejutan dalam program BUMN go global. Sinergi antar perusahaan akan didorong untuk memperkuat bisnis di pasar luar negeri.

"Yang pasti akan membuat BUMN kita sangat kuat di luar negeri dan akan lebih kompak mengatur market bersama-sama, bisa melihat peluang bersama-sama, dan sambil memanfaatkan kekuatan BUMN," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa BUMN yang sudah berekspansi ke pasar luar negeri. Berdasarkan catatan iNews.id, setidaknya ada enam BUMN yang mulai go global:

1. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Tak hanya jago kandang, BUMN konstruksi ini sudah mengembangkan jaringan bisnis di luar. WIKA banyak menggarap proyek di Afrika seperti Senegal, Niger, dan Aljazair.

Di Senegal, WIKA menggarap gedung perkantoran 33 lantai, Goree Tower. Perusahaan juga merenovasi Istana Presiden di Niger. Sementara pada 2017, WIKA memperoleh kontrak pembangunan rumah subsidi di Aljazair sebanyak 150 tower apartemen dengan kapasitas 4.000 unit tempat tinggal.

Selain itu, WIKA membangun bandara internasional di Timor Leste. Baru-baru ini, perseroan juga ikut bagian dalam proyek MRT di Taiwan.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua