Ini Daftar BUMN yang Sudah Go Global

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 21:04:00 WIB
Ini Daftar BUMN yang Sudah Go Global
PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu BUMN yang sudah go global. (Foto: ilustrasi/Okezone)

2. PT Pertamina (Persero)

Pertamina cukup aktif mencari cadangan migas di luar negeri. Ekspansi bisnis itu dilakukan lewat anak usaha, Pertamina Internasional EP (PIEP).

Saat ini, Pertamina mengelola aset migas di 12 negara, yaitu Aljazair, Malaysia, Irak, Kanada, Prancis, Italia, Namibia, Tanzania, Gabon, Nigeria, Colombia dan Angola. Total produksi migas lapangan luar negeri ini sekitar 99.000 ribu barel per hari dan gas bumi 261 juta setara minyak.

Selain menambang minyak, Pertamina juga aktif menjual produk pelumas di pasar global. Sejauh ini, sudah ada 17 negara termasuk Australia dan Afrika Selatan yang menjadi tempat penjualan Pertamina.

3. Perum Peruri 

Perusahaan percetakan mata uang pelat merah ini punya sejarah panjang bisnis di luar negeri. Negara-negara yang pernah dicetak mata uangnya di antaranya Thailand, Filipina, Malaysia, Bangladesh, serta Nepal.

Baru-baru ini, Perum Peruri memperoleh kepercayaan mencetak uang Peru untuk tiga pecahan dari total empat pecahan yang ditenderkan. Tak hanya mata uang, Perum Peruri juga mencetak paspor, kartu pintar, prangko, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

4. PT INKA (Persero)

PT Industri Kereta Api (Persero) atau yang dikenal dengan sebutan INKA juga sudah go global. Perusahaan yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur itu memenangkan tender pengadaan lebih dari 1.050 gerbong kereta api di Bangladesh pada 2020.

Proyek tersebut bukan yang pertama kali terjadi. Pada 2019 juga memenangkan tender pengadaan 250 kereta api di Bangladesh. Perusahaan itu kini tengah membidik pasar di negara Afrika lainnya dan Asia Tenggara.

5. PT Kimia Farma (Persero) Tbk

BUMN farmasi, Kimia Farma juga melebarkan sayap ke Arab Saudi lewat anak usaha, Kimia Farma Dawaa. Di sana, Kimia Farma memiliki 19 apotek yang tersebar di Mekkah, Madinah, Jeddah, dan Thaif.

Ekspansi apotek Kimia Farma di Arab Saudi untuk membidik pasar para peziarah, baik haji dan umrah. Selain itu, warga lokal juga menjadi target pasar Kimia Farma.

6. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Telkomcel, cucu usaha Telkom, didirikan pada 2013 untuk ekspansi bisnis ke Timor Leste. Telkom membangun jaringan telekomunikasi di negara bekas bagian dari Indonesia itu.

Telkomcel yang didirikan untuk pasar luar negeri itu siap mengembangkan bisnis ke berbagai negara. Pasalnya, jaringan telekomunikasi Telkom sudah mencapai 250.000 km dari New York-Indonesia dan Los Angeles-Indonesia.

Editor : Rahmat Fiansyah